PERANAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES TRANSAKSI JASA PENGIRIMAN PAKET (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) )

Widyatama Repository

PERANAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES TRANSAKSI JASA PENGIRIMAN PAKET (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) )

Show full item record

Title: PERANAN PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES TRANSAKSI JASA PENGIRIMAN PAKET (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) )
Author: Eska, Nitta Prasasti
Abstract: Segala aktivitas yang dilakukan baik oleh individu maupun oleh kelompok dalam kaitannya dengan kegiatan bisnis dan administratif maupun bukan, tidak akan lepas dari peranan teknologi informasi khususnya dibidang pengolahan data elektronik. Tanpa adanya peranan pengolahan data elektronik, perusahaan kemungkinan besar dapat mengalami berbagai macam permasalahan seperti penyelewengan-pengelewengan yang dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang. Sebagian besar perusahaan menggunakan sistem pengolahan data elektronik sebagai alat bantu, dalam mengolah informasi akuntansi dan keuangan. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menyediakan kebutuhan manajemen akan informasi baik datangnya dari luar maupun yang ada dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengolahan data elektronik yang dilakukan oleh perusahaan jasa serta bagaimana peranan pengolahan data elektronik dalam menunjang efektivitas proses transaksi jasa pengiriman paket. Penulis melakukan penelitian ini pada PT Pos Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jl. Asia Afrika No.49 Bandung yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperlukan oleh peneliti diperoleh melalui studi lapangan, observasi dan pengujian kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis korelasi rank spearman dan pengujian hipotesis dengan bantuan software SPSS 18.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung = 6,61 > ttabel = 2,048, maka dapat disimpulkan bahwa pengolahan data elektronik memiliki peranan positif terhadap transaksi jasa pengiriman paket PT. Pos Indonesia. Koefisien determinasi sebesar 60,99%, artinya bahwa pengolahan data elektronik memiliki kontribusi terhadap efektivitas proses transaksi jasa pengiriman paket sebesar 60.99%, sisanya sebesar 39,01% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Dengan demikian hipotesis ”Penerapan pengolahan data elektronik yang secara memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas proses transaksi jasa pengiriman paket” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8063
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.65Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.58Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.35Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.21Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.49Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.01Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.25Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.42Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 63.04Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 155.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 184.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 252.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.01Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.09Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record