PENGARUH PERENCANAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMDA (LKPD) ( Studi survey pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat )

Widyatama Repository

PENGARUH PERENCANAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMDA (LKPD) ( Studi survey pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat )

Show full item record

Title: PENGARUH PERENCANAN DAN PENGAWASAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMDA (LKPD) ( Studi survey pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat )
Author: Odilia, Melisa Dwi Susanti
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perencanaan dan pengawasan terhadap kualitas laporan keuangan pemda, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan 30 responden bagian keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian assosiatif kausalatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara survey dan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan alat bantu program statistik, yaitu dengan program SPSS versi 19. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Sedangkan model penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik persamaan Regresi Linier Berganda, adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji signifikansi simultan, uji signifikansi parsial dan uji koefisien determinan. Peneliti telah menganalisis dan mengevaluasi mengenai pengaruh perencanaan dan pengawasan terhadap kualitas laporan keuangan pemda. Berdasarkan hasil uji hipotesis F variabel perencanaan dan pengawasan secara bersama-sama atau serempak berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, lebih kecil dari α 0,05. Dan uji hipotesis t menunjukkan nilai signifikansi variabel perencanaan 0,006, lebih kecil dari α 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel perencanaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Sama halnya dengan perencanaan, pengawasan pun berpengaruh secara parsial terhadap kualitas laporan keuangan, ditunjukkan dengan nilai signifikansi variabel pengawasan (X2) 0,000, lebih kecil dari α 0,05. Nilai koefisien determinasi menunjukkan variabel perencanaan dan pengawasan memberikan sumbangan pengaruh sebesar 73,2% terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan sisannya sebesar 26,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8062
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 98.77Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 48.74Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 77.87Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.33Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 65.94Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 64.88Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.93Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 146.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 228.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 51.40Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record