PENGARUH LABA/RUGI SELISIH KURS PADA LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY (TVA) (Studi Pada Perusahaan Multinasional di Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH LABA/RUGI SELISIH KURS PADA LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY (TVA) (Studi Pada Perusahaan Multinasional di Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH LABA/RUGI SELISIH KURS PADA LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY (TVA) (Studi Pada Perusahaan Multinasional di Indonesia)
Author: Firmansyah, Handi
Abstract: Laba/rugi selisih kurs adalah laba/rugi yang terjadi karena proses translasi atas transaksi dalam mata uang asing dan penjabaran kembali laporan keuangan cabang atau anak perusahaan yang berdomisili di luar negeri. Akuntansi translasi valuta asing merupakan salah satu masalah teknis yang paling kontroversial yang dirasakan perusahaan multinasional dalam rangka menyajikan laporan keuangan konsolidasi. Permasalahan yang dihadapi dalam translasi valuta asing dihadapkan pada kenyataan bahwa kurs valuta asing yang digunakan dalam proses translasi selalu berfluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah informasi laba/rugi selisih kurs pada laporan keuangan konsolidasi perusahaan multinasional di Indonesia berpengaruh secara signifikan terhadap reaksi pasar modal yang ditunjukkan oleh trading volume activity (TVA). Unit analisis dalam penelitian ini adalah perusahaan multinasional yang induk perusahaannya berdomisili di Indonesia dan mempunyai setidaknya satu cabang atau anak perusahaan yang berdomisili di luar negeri. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2008-2010 tanpa melihat jenis industri. Sampel yang memenuhi kriteria sebanya 22 perusahaan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh dari laba/rugi selisih kurs yang dilaporkan pada laporan keuangan konsolidasi perusahaan multinasional di Indonesia terhadap Trading Volume Activity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laba/rugi selisih kurs pada laporan keuangan konsolidasi perusahaan multinasional di Indonesia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Trading Volume Activity.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8060
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 98.51Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 156.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 103.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 45.33Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.18Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.83Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 245.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 530.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 497.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 671.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 93.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record