PERAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS ( Studi Kasus pada Inspektorat Kota Bandung )

Widyatama Repository

PERAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS ( Studi Kasus pada Inspektorat Kota Bandung )

Show full item record

Title: PERAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PEMERIKSAAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MEWUJUDKAN TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS ( Studi Kasus pada Inspektorat Kota Bandung )
Author: Nugroho, R. Nickolas Sasmito W.
Abstract: Pemerintahan saat ini sedang memperbaiki sistemnya agar dapat mewujudkan sistem kelola pemerintahan yang baik (good governance). Untuk dapat menjadi pemerintahan yang mengikuti prinsip good governance salah satu caranya adalah dengan memperkuat dari sistem pengendaliannya, baik pengendalian internal maupun pengendalian eksternal. Tetapi kecurangan lebih sering terjadi dari pihak dalam, salah satunya terjadi pada aspek keuangan. Oleh sebab itu peran seorang auditor internal yang memiliki kompetensi, independensi dan objektivitas yang tinggi sangatlah penting disini terutama didalam melakukan pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah. Karena peran seoarang auditor internal dapat mewujudkan laporan keuangan yang transparansi dan akuntabilitas dimana transparansi adalah laporan keuangan terbuka untuk pihak manapun sehingga kecil kemungkinan untuk terjadi kecurangan, dan akuntabilitas adalah pemberian seluruh informasi dan kinerja keuangan pemerintah kepada seluruh pihak yang berkepentingan dengan laporan tersebut sehingga sangatlah sulit untuk menutupi segala kecurangan, Dengan latar belakang demikian, penulis melakukan penelitian Inspektorat Kota Bandung yang berada di Jalan Tera No. 20. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peran auditor internal dalam memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah dapat mewujudkan transaparansi dan akuntabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data atau fakta yang diperoleh dari objek yang diteliti, dimana penelitian ini dilakukan di Inspektorat Kota Bandung. Data atau fakta yang diperoleh dikumpulkan, diklarifikasikan, dan diinterpretasikan, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang sedang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap 20 responden pada Inspektorat Kota Bandung yang berisi beberapa pernyataan yang berhubungan dengan peran auditor internal terhadap pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah dalam mewujudkan transparansi dan akuntabilitas, dapat disimpulkan bahwa peran auditor internal berpengaruh terhadap transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan. Hal ini dapat dilihat dari besarnya koefisien determinasi sebesar 54,80%. Dan sebesar 45,20% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, dan didapatkan juga bahwa t hitung lebih besar dari ttabel (4,669 > 1,734) yang menunjukkan terdapat pengaruh antara peran auditor internal dengan transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8056
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.34Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.93Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.88Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 38.59Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.94Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.23Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.82Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 119.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 177.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 230.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record