PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT YANG EFEKTIF (Studi Kasus pada PT. GMF AeroAsia, Soekarno-Hatta International Airport)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT YANG EFEKTIF (Studi Kasus pada PT. GMF AeroAsia, Soekarno-Hatta International Airport)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT YANG EFEKTIF (Studi Kasus pada PT. GMF AeroAsia, Soekarno-Hatta International Airport)
Author: Winandari, Indah
Abstract: Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Penerapan Enterprise Risk Management Yang Efektif (Studi Kasus pada PT. GMF Aeroasia, Soekarno-Hatta International Airport ). Indah Winandari, NPM 0108A27. Penelitian ini dilakukan pada PT. GMF AeroAsia Soekarno-Hatta International Airport PO BOX 1303 BUSH 19130 Cengkareng. Audit internal merupakan suatu aktivitas assurance dan konsultasi yang independen dan objektif, yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan meningkatkan aktivitas operasi organisasi. Audit internal membantu organisasi untuk mencapai tujuannya, melalui suatu pendekatan yang sistematis dan teratur untuk mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas pengelolaan risiko, pengendalian, dan poses pengaturan. Berdasarkan pemikiran tersebut, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT.GMF Aeroasia, yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul Peranan Audit Internal Dalam Menunjang Penerapan Enterprise Risk Management Yang Efektif . Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadain pelaksanaan audit internal di PT. GMF AeroAsia, mengetahui efektifitas penerapan Enterprise Risk Management di PT. GMF AeroAsia dan mengetahui seberapa besarkah peranan fungsi audit internal dalam menunjang penerapan Enterprise Risk Management yang efektif di PT. GMF AeroAsia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survey. Metode deskriptif ini adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu subyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT.GMF AeroAsia dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan audit internal pada PT.GMF AeroAsia telah memadai, hal ini sesuai dengan perhitungan analisis data kuesioner sebesar nilai rata-rata 3.85 yang berada pada interval 3,40 4,19, dan penerapan Enterprise Risk Management pada PT.GMF AeroAsia telah cukup efektif, hal ini dinilai dalam analisis data terhadap kuesioner sebesar nilai rata-rata 4.02 yang berada pada interval 3,40 4,19. Berdasarkan uji korelasi rank spearman diperoleh nilai korelasi antara variabel X (Audit internal) dengan variabel Y (Penerapan Enterprise Risk Management) sebesar 0.620, hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang kuat dan positif, karena berada pada interval 0.60-0.799. Hubungan yang kuat menunjukan bahwa audit internal yang dilaksanakan oleh PT.GMF AeroAsia berperan dalam menunjang efektivitas pelaksanaan penerapan Enterprise Risk Management, sedangkan besarnya pengaruh audit internal terhadap efektivitas pelaksanaan penerapan Enterprise Risk Management sebesar 38.44%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8052
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 41.23Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.12Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 159.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 393.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 162.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 331.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 56.82Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 40.19Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record