PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Widyatama Repository

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Show full item record

Title: PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
Author: Agustiyana, Fangky
Abstract: Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi, yang bertujuan untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan, yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan. Salahsatu bagian dari laporan keuangan adalah laporan laba rugi, yaitu laporan utama untuk melaporkan kinerja dari suatu perusahaan selama suatu periode tertentu dan komponen laba terdapat didalamnya. Dengan menghasilkan laporan keuangan yang “cantik” akan memberikan keuntungan-keuntungan bagi pihak yang diberi tanggungjawab (agent) untuk membuatnya, sehingga para agent (manajemen) akan berusaha untuk memoles laporan keuangan agar memberikan “penampilan” terbaik dimata para pihak yang berkepentingan dengan informasi laporan keuangan tersebut. Manajemen laba adalah tindakan yang ditujukan untuk memaksimumkan utililitas manajer, dan cenderung untuk menguntungkan diri mereka (manajer) sendiri dengan cara mempengaruhi proses pelaporan keuangan. Hal ini terjadi karena adanya asimetri informasi antara manajer sebagai agent dan pemilik sebagai principal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan bukti empiris apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan dengan manajemen laba, pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sebagai indikasi bahwa suatu perusahaan telah melakukan praktik manajemen laba digunakan proxy discretionary accrual sedangkan log size sebagai proxy ukuran perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 75 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan 2007 sampai dengan 2008, dimana pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data field research, Librry research, serta penggunaan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 15.0 sebagai alat dalam membantu penulis dalam mengolah data. Alat statistik yang digunakan adalah analisis regresi, analisis korelasi, dan analisis determinasi yang digunakan untuk melihat apakah ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Berdasarkan perhitungan dan analisis, diperoleh hasil bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap praktik manajemen laba.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8051
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.45Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 74.32Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 73.94Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 83.89Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 74.03Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 25.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 184.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 239.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 183.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 514.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.12Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 102.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record