PERANAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENGUNGKAPAN KECURANGAN (FRAUD) DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi kasus pada Inspektorat Daerah Pemerintah Kabupaten Cianjur)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENGUNGKAPAN KECURANGAN (FRAUD) DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi kasus pada Inspektorat Daerah Pemerintah Kabupaten Cianjur)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INVESTIGATIF TERHADAP PENGUNGKAPAN KECURANGAN (FRAUD) DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi kasus pada Inspektorat Daerah Pemerintah Kabupaten Cianjur)
Author: Jahidin, Akmad Syarip
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk menjawab masalah-masalah, antara lain bagaimana pelaksanaan audit investigatif, bagaimana pelaksanaan pengungkapan kecurangan (fraud) dana bantuan operasional sekolah (BOS), dan apakah audit investigatif berperan terhadap pengungkapan kecurangan (fraud) dana bantuan operasional sekolah (BOS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit investigatif, bagaimana pelaksanaan pengungkapan kecurangan (fraud) dana bantuan operasional sekolah (BOS), dan apakah audit investigatif berperan terhadap pengungkapan kecurangan (fraud) dana bantuan operasional sekolah (BOS) pada Inspektorat Daerah Pemerintah Kabupaten Cianjur. Audit Investigatif mencakup reviu dokumentasi keuangan untuk tujuan tertentu yang mungkin saja berhubungan dengan masalah litigasi dan pidana, dimana praktiknya lebih diutamakan pada dua bidang kegiatan, yaitu mencari bukti perbuatan kriminal dan penyebab atau pendukung kerugian. Bantuan operasional sekolah (BOS) adalah program pemerintah untuk penyediaan pendanaan biaya nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar, Sistem penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang kurang transparan diyakini merupakan sumber utama bagi kebocoran anggaran, yang memungkinkan korupsi dan kolusi yang memberikan sumbangan besar terhadap kemunduran pelayanan bagi rakyat kurang mampu di Indonesia. Hipotesis yang dikemukakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah “Audit Investigatif memiliki peranan terhadap pengungkapan kecurangan (fraud) dana bantuan operasional sekolah (BOS).” Penelitian ini merupakan studi kasus pada Inspektorat Daerah Pemerintah Kabupaten Cianjur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tidak terstruktur dan kuesioner dengan tipe pertanyaan tertutup. Analisis statistik dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan analisis dan uji korelasi Rank Spearman secara manual, dan juga menggunakan bantuan PASW Statistics 18 untuk memperkuat perhitungan yang dilakukan secara secara manual. Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan audit investigatif berperan terhadap pengungkapan kecurangan (fraud) dana bantuan operasional Sekolah (BOS). Besarnya nilai peranan ini dapat dilihat dari perhitungan nilai korelasi sebesar 0,985. Pelaksanaan audit investigatif yang sangat baik akan akan membantu bupati, kepolisian, dan kejaksaan dalam pengungkapan kecurangan dana bantuan operasional sekolah (BOS).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8047
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.19Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 74.35Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 84.42Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 131.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 72.44Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.39Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 515.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 360.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 337.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 975.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 103.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record