PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH TERHADAP GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Barat)
Author: Ardiansyah S., Yogi
Abstract: Good Government Governance merupakan function of governing. Salah satunya mengandung prinsip untuk memberikan pelayanan masyarakat yang baik oleh jajaran birokrasi dalam segala aspek kehidupan. Terkait dengan masalah tersebut, maka Good Government Governance adalah masalah mendasar yang harus secara serius dikejar oleh jajaran birokrasi pemerintah. Sebagai upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih tersebut, akuntansi sektor publik merupakan salah satu aspek penting dalam menjalankan program perekonomian pemerintah, dan secara umum dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Metode Dekskriptif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif akan diketahui hubungan yang signifikan antara variabel yang akan diteliti sehingga menghasilkan kesimpulan yang akan memperjelas gambaran mengenai objek yang diteliti dan menginterpretasikan berdasarkan data dan informasi yang mendukung sesuai dengan sifat permasalahan dan tujuan yang dilakukan peneliti. Serta sebelumnya fenomena yang terjadi dengan menggunakan literatur dan data kepustakaan (data sekunder). Hasil analisa korelasi secara keseluruhan menunjukan rs sebesar 0,825 yang berarti bahwa korelasi/hubungan antara Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah terhadap Good Government Governance memiliki hubungan sangat erat sebesar 68,06%. Berdasarkan penelitian ini Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Good Government Governance Kota Bandung, dan dapat dikatakan bahwa variable independen memiliki pengaruh sangat kuat terhadap variable dependen, namun hasil audit BPK RI Perwakilan Jawa Barat terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung Tahun Anggaran 2009 memberikan opini “tidak menyatakan pendapat” atau disclaimer opinion, yang mengindikasikan belum efektifnya perwujudan Good Government Governance di Kota Bandung secara keseluruhan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8045
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.54Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.33Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 47.27Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.06Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 51.15Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 97.22Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 178.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 231.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.45Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.07Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record