PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Survei pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Survei pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Survei pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia)
Author: Adikaputra, Ranjani
Abstract: Laporan keuangan merupakan alat utama para manajer untuk menunjukkan efektivitas pencapaian tujuan dan untuk melaksanakan fungsi pertanggungjawaban dalam organisasi. Manajemen laba merupakan dampak masalah keagenan yang terjadi karena adanya ketidakselarasan kepentingan antara pemegang saham (principal) dan manajemen perusahaan (agent). Rekayasa terhadap laporan keuangan ini, yang menjadi alasan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh data empiris terhadap pengaruh struktur kepemilikan dan kualitas audit dengan proksi spesialisasi industri KAP terhadap manajemen laba. Untuk mengetahuinya dilakukan pengujian secara parsial dengan menggunakan uji t (t-test) dan pengujian secara simultan dengan menggunakan uji F (F-test). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 84 perusahaaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2011. Pemilihan sampling menggunakan metode purposive sampling. Analisis data untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen menggunakan uji regresi linier berganda. Modified Jones Model merupakan metode yang dipakai untuk menganalisis manajemen laba. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari ketiga variabel yang diuji secara parsial, hanya kepemilikan institusional saja yang berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba (earnings management) yang dilakukan perusahaan. Ini ditunjukkan dengan hasil dari kepemilikan manajemen tidak berpengaruh terhadap manajemen laba dengan nilai signifikansi 0,223 lebih besar dari tingkat signifikansi (α=0,05). Kepemilikan institusional terhadap manajemen laba, dengan nilai signifikansi 0,042 lebih kecil dari tingkat signifikansi (α=0,05). Dan kualitas audit dengan proksi spesialisasi industri KAP dengan nilai signifikansi 0,575, lebih besar dari tingkat signifikansi (α=0,05). Namun pengujian secara simultan dengan menggunakan uji F, menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan. Ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,034 lebih kecil dari tingkat signifikansi (α=0,05).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8042
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.70Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 237.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 160.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 231.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 153.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 243.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 405.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 331.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 327.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 176.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 157.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record