PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Widyatama Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Show full item record

Title: PENGARUH ASIMETRI INFORMASI TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Author: Sari, Nita Komala
Abstract: Asimetri Informasi adalah suatu keadaan dimana manajer memiliki akses informasi atas prosfek perusahaan yang tidak dimiliki oleh pihak luar perusahaan. Ketika asimetri informasi tinggi stakeholder (Pemegang Saham) tidak mempunyai suatu informasi atau sumber-sumber untuk mengetahui aktivitas manajer, hal tersebut bisa mendorong meningkatnya praktik manajemen laba. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara empirik mengenai pengaruh asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba yang dilakukan pada 34 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun penelitian periode 2009-2010. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif, yaitu mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Hubungan yang timbul dalam penelitian ini adalah hubungan sebab-akibat. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah dengan menggunakan data sekunder dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan, laporan tahunan dan harga bis-ask saham. Untuk memberikan bukti adanya asimetri informasi penulis menggunakan proksi pendekatan microstruktur yaitu : bid-ask spread yang terdiri dari quotes, volume penjualan, Debt, CVFAR dan Growth namun dalam uji statistik yang berdistribusi normal adalah quotes, Volume Penjualan, Growth dan CVFAR. Dan untuk memberikan bukti adanya praktik manajemen laba penulis menggunakan model Modified Jones. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda terhadap 34 perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indoenesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Hal ini dibuktikan dengan besarnya pengaruh asimetri informasi terhadap manajemen laba yaitu sebesar 44,10 % sedangkan 55,90 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8040
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 119.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 175.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 172.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 162.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 143.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 101.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 126.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 303.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 303.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 377.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 585.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 248.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 164.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record