PENGARUH EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Kota Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Kota Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENERIMAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Kota Bandung )
Author: Anggaranie, Gita Dwi
Abstract: Pemerintah daerah dituntut untuk mampu menjalankan roda pemerintahan dan membangun daerahnya secara mandiri, melalui otonomi seluas-luasnya yang diberikan oleh Pemerintah Pusat. Konsekuensi dari pelaksanaan otonomi daerah tersebut yakni daerah harus mampu mengatur dan mengelola rumah tangganya sendiri salah satunya dalam mengelola keuangan daerah termasuk sektor Pendapatan Asli Daerah. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efektifitas dan efisiensi penerimaan Pajak Daerah karena Pajak Daerah merupakan penyumbang terbesar dan sangat berperan terhadap Pendapatan Asli Kota Bandung. Pajak Reklame adalah salah satu jenis Pajak Daerah yang cukup potensial di Kota Bandung karena Kota Bandung sebagai pusat pemerintahan Propinsi Jawa Barat dan berdekatan dengan DKI Jakarta merupakan tempat yang sangat strategis untuk pemasangan reklame suatu produk ataupun jasa. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas serta efisiensi pemungutan Pajak Reklame yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Kota Bandung serta pengaruhnya terhadap Penerimaan Pajak Daerah. Hipotesis yang di uji dalam penulisan skripsi ini adalah “Efektifitas dan Efisiensi Penerimaan Pajak Reklame mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Penerimaan Pajak Daerah” . Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan dianalisis menggunakan statistik parametrik dengan melakukan pengujian analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi serta pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F terhadap 3 (tiga) variabel yaitu : Efektifitas penerimaan Pajak Reklame (X1), Efisiensi Penerimaan Pajak Reklame (X2), dan Penerimaan Pajak Daerah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan positif antara X1 dengan Y dan X2 dengan Y masing-masing sebesar 0,77 dan 0,57. Sedangkan untuk pengujian hipotesis diperoleh nilai Fhitung sebesar 101,544 dan Ftabel sebesar 19,000 , dimana nilai signifikansi (0,10 > 0,05). Ini menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel namun tingkat signifikasinya melebihi 0,05 yang berarti Efektifitas serta Efisiensi Penerimaan Pajak Reklame tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Penerimaan Pajak Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8038
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.91Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 85.20Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 193.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 372.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 314.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 376.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 50.04Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 37.99Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record