PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN TEH WALINI PTPN VIII BANDUNG (Studi kasus pada Unit Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN TEH WALINI PTPN VIII BANDUNG (Studi kasus pada Unit Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN TEH WALINI PTPN VIII BANDUNG (Studi kasus pada Unit Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung)
Author: Trilestari, Fanny
Abstract: Tingginya tingkat persaingan di bisnis lokal maupun global membuat perusahaan berusaha untuk mencapai keunggulan kompetitif agar mampu memenangkan persaingan. Promosi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat konsumen menjadi tertarik dengan produk yang dihasilkan sehingga perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Promosi yang tidak terkendali akan mengakibatkan penurunan tingkat penjualan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk promosi menjadi suatu pemborosan. Kegiatan promosi yang dilakukan tentunya membutuhkan biaya, biaya yang digunakan disebut dengan biaya promosi. Biaya promosi dapat diartikan sebagai biaya yang digunakan untuk memperkenalkan barang atau jasa. Penelitian yang berjudul PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN TEH WALINI PTPN VIII BANDUNG ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari biaya promosi terhadap penjualan. Indikator yang digunakan untuk melihat pengaruh biaya promosi adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi. Sedangkan indikator yang digunakan untuk penjualan adalah total penjualan tahun 2004 sampai dengan 2008. Penelitian ini sendiri dilaksanakan pada Unit Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Sementara untuk menganalisis data, dilakukan pendekatan kuantitatif, yaitu teknik statistik untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi sebagai alat bantunya. Penulis memperoleh data dan informasi melalui wawancara, penelaahan dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang penulis ambil untuk penelitian ini untuk kurun waktu lima tahun, yaitu dari tahun 2004 sampai dengan 2008. Dari hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi yaitu : Y = 296.382 + 12,025X. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan korelasi pearson, menghasilkan koefisien determinasi sebesar 0,779 menunjukkan bahwa variabel biaya promosi berpengaruh terhadap penjualan sebesar 77,9% dan untuk sisanya sebanyak 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa biaya promosi berpengaruh terhadap penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8037
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 114.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.72Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 135.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.99Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.59Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.19Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 315.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 184.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 296.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 287.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 168.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record