PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survei Pada UMKM mitra PT. PLN)

Widyatama Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survei Pada UMKM mitra PT. PLN)

Show full item record

Title: PENGARUH KARAKTERISTIK INFORMASI SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Survei Pada UMKM mitra PT. PLN)
Author: Widiyoso, Wachyu Wicaksono
Abstract: Dalam perekonomian Indonesia Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar. Jumlah UMKM yang besar dari segi kuantitasnya masih belum didukung oleh perkembangan yang memadai dari segi kualitasnya sehingga kinerja UMKM masih tertinggal. Belum baiknya pemahaman mengenai penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar pelaporan keuangan yang baik dan benar pun semakin membuat kinerja manajerial pada UMKM kurang baik. Salah satu fungsi dari sistem akuntansi manajemen adalah meyediakan informasi penting untuk membantu para manajer mengendalikan aktivitasnya, sehingga diharapkan dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh sejumlah karakterstik informasi sistem akuntansi manajemen terhadap performa manajemen. Penelitian dilakukan pada kelompok perusahaan UMKM mitra PT. PLN. Berdasarkan metode pemilihan sampel purposive sampling, sampel penelitian akhir memperoleh sejumlah 30 perusahaan. Karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen diukur menggunakan kriteria informasi Broadscope, Timeliness, Aggregation, dan Integration, sedangkan untuk performa manajemen diukur menggunakan delapan dimensi performa manajemen. Metode analisa yang digunakan adalah analisa korelasi, analisa regresi sederhana dan koefisien determinasi yang telah diuji sebelumnya untuk memastikan validitas dan reliabilitas-nya. Penelitian ini menggunakan t-test untuk melihat pengaruh antara variabel-variabel bebas dengan variabel terkait. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen berpengaruh positif terhadap performa manajerial. Hasil-hasil tersebut mengindikasikan bahwa sejumlah karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen yang tinggi pada perusahaan-perusahaan UMKM mitra pemerintah akan berdampak pada peningkatan performa manajemen perusahaan tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8030
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.47Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 304.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 240.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 52.28Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.56Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.12Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.22Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 114.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 412.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 333.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 425.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 171.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 242.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record