PENGARUH TEKANAN PERAN (ROLE STRESS) INTERNAL AUDITOR TERHADAP KUALITAS REKOMENDASI AUDITOR INTERNAL ( Studi survei pada PT PINDAD (Persero) Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH TEKANAN PERAN (ROLE STRESS) INTERNAL AUDITOR TERHADAP KUALITAS REKOMENDASI AUDITOR INTERNAL ( Studi survei pada PT PINDAD (Persero) Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH TEKANAN PERAN (ROLE STRESS) INTERNAL AUDITOR TERHADAP KUALITAS REKOMENDASI AUDITOR INTERNAL ( Studi survei pada PT PINDAD (Persero) Bandung )
Author: Herlinawati
Abstract: Internal auditor pada umumnya merupakan suatu profesi yang memiliki suatu peran atau (role) yang didefinisikan sebagai suatu pola fungsi yang diharapkan lingkungannya untuk dikerjakan seorang individu. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya auditor internal selalu dihadapkan pada konflikkonflik. Konflik yang seringkali terjadi salah satunya adalah mendapat berbagai penilaian dan persepsi negatif dari auditeenya. Konflik yang dialami oleh auditor internal dapat menyebabkan adanya tekanan-tekanan yang pada akhirnya dapat menjadi suatu stress terutama stress yang berpengaruh negatif yaitu role stress dimana nantinya akan mempengaruhi kualitas rekomendasi auditor internal yang akan diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari role stress internal auditor terhadap kualitas rekomendasi auditor internal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan survei teknik sampel jenuh, penelitian ini dilakukan pada 15 auditor internal PT PINDAD (Persero) berlokasi di Jl. Jend. Gatot Subroto No. 517 Bandung-Jawa Barat. Data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini diperoleh menggunakan teknik penelitian yang dikembangkan menjadi pernyataan tertutup dengan skala likert. Sementara hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dengan tingkat kekeliruan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa role stress internal auditor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas rekomendasi auditor internal. Dengan perhitungan Rank Spearman didapat sebesar 0,804 dan koefisien determinasinya sebesar 64,6%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (4,867 >2,160), uji f menunjukkan role stress internal auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas rekomendasi auditor internal, karena nilai sig <0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8015
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.91Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 97.80Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 68.37Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 56.13Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 77.01Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.13Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.51Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 193.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 206.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 239.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 368.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.34Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 132.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record