PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Survey terhadap Kelompok Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, Transportasi dan Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Survey terhadap Kelompok Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, Transportasi dan Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Survey terhadap Kelompok Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, Transportasi dan Perbankan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010)
Author: Al-awdady, Fierly Syahierah
Abstract: Substansi keberadaan corporate social responsibility (CSR) adalah dalam rangka memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri dengan jalan membangun kerjasama antar stakeholder yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat sekitarnya. Atau dalam pengertian kemampuan perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya, komunitas dan stakeholder yang terkait dengannya, baik lokal, nasional, maupun global. Perusahaan tidak lagi dihadapkan pada tanggung jawab yang berpijak pada single bottem line, yaitu nilai perusahaan (corporate value) yang direfleksikan dalam kondisi keuangannya (financial) saja. Tapi tanggung jawab perusahaan harus berpijak pada triple bottom lines. Di sini bottom lines lainnya selain financial juga adalah sosial dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya yang timbul untuk di alokasikan dan dikeluarkan untuk penerapan kegiatan CSR berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih. Unit analisis untuk penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk pada kelompok infrastruktur, utilitas, transportasi dan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Metode pemelihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling hanya 24 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil statistik penelitian menunjukkan bahwa penerapan corporate social responsibility (alokasi biaya CSR) dianalisis dengan analisis regresi dan korelasi sederhana, serta uji signifikansi t satu pihak menunjukkan ada hubungan dan pengaruh yang sedang sebesar 0,527 yang tergolong hubungan yang sedang (0.400-0,599) dan mempunyai pengaruh sebesar 27.8% yang menunjukkan bahwa hipotesis yang dikemukakan penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8011
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.75Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 75.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.65Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 84.12Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 42.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.28Kb PDF View/Open
Daftar Gambar & Grafik.pdf 24.31Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 227.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 223.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 408.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 76.25Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.47Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record