PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO PROFITABILITAS (ROI dan NPM) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Survey Pada Perusahaan Industri Otomotif yang Go Public di BEI)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO PROFITABILITAS (ROI dan NPM) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Survey Pada Perusahaan Industri Otomotif yang Go Public di BEI)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG DIUKUR DENGAN RASIO PROFITABILITAS (ROI dan NPM) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Survey Pada Perusahaan Industri Otomotif yang Go Public di BEI)
Author: Utami, Kresti
Abstract: Dunia usaha memiliki peluang yang luas untuk memilih alternatif pembiayaan guna mengembangkan usahanya, pasar modal dipandang sebagai sarana yang efektif untuk menghimpun dana investasi jangka panjang dari masyarakat untuk disalurkan ke sektor-sektor usaha. Umumnya para investor masih cenderung sangat mengharapkan dividend. Di dalam melakukan investasi yang sehat, seorang investor dan calon investor sebelumnya harus mempertimbangkan kondisi dan kinerja keuangan perusahaan yang tercermin dalam keuangan perusahaan salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan rasio profitabilitas. Dengan bertambah tingginya kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan rasio profitabilitas maka diharapkan semakin tinggi pula kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang pada akhirnya diharapkan akan sejalan dengan semakin besarnya dividend yang diberikan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah penurunan dividend yang terjadi di industri otomotif pada 5 tahun terakhir. Maka berkaitan dengan hal tersebut, penulis mengambil judul Pengarh Kinerja Keuangan Perusahaan berdasarkan Dengan Rasio Profitabilitas (ROI dan NPM) terhadap Dividend Payout Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perngaruh yang signifikan dari kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan rasio profitabilitas dengan indikator Return On Investment (ROI) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Payout Ratio, data yang dikumpulkan terdiri dari data keuangan yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan otomotif dan komponennya yang go public di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada perusahahaan otomotif dan komponennya yang sahamnya telah go public di Bursa Efek Indonesia pada periode 2004-2008. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatory dengan menjelaskan hubungan kausalitas dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan otomotif dan komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2008. Untuk mengelola dan menganalisa data yang telah dikumpulkan, penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, koefisien korelasi, dan determinasi serta pengujian hipotesis dengan uji t untuk mengujian secara parsial dan uji F untuk pengujian secara simultan, dan menggunakan program SPSS.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8003
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 104.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 88.75Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 687.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 510.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 443.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 592.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 194.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record