PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Widyatama Repository

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Show full item record

Title: PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)
Author: Handayani, Dwi Sasi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari tingkat kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan terhadap tingkat pengungkapan pertanggungjawabana sosial perusahaan (CSRD). Data yang digunakan diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur yang menjadi sampel, khususnya periode 2006-2008. Tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan meliputi lingkungan, energi, kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, lain-lain tentang tenaga kerja, produk, keterlibatan masyarakat dan umum. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses penilaian (coding) atas laporan tahunan perusahaan dengan menggunakan content analysis, khususnya penggunaan teknik indexing yes/no approach. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 41 perusahaan dari populasi sebesar 138 perusahaan dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F-statistik dan uji t-statistik pada taraf nyata 5% menunjukkan bahwa kepemilikan institusional dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tingkat pengungkapan pertanggungjawaban sosial perusahaan. Hasil ini secara umum serupa dengan penelitian pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sebelumnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7998
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 119.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 97.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 435.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 426.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 479.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 414.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 211.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 636.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record