PENGARUH KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP ASIMETRI INFORMASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010)

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP ASIMETRI INFORMASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010)

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN TERHADAP ASIMETRI INFORMASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010)
Author: Muttaqien, Diky Zainal
Abstract: Dalam perkembangan dunia usaha yang pesat dan semakin kompetitif pada era globalisasi seperti sekarang ini, telah menuntut setiap perusahaan dan lembaga keuangan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja usahanya agar dapat tetap bertahan dalam menjalankan kegiatan usahanya. Selain dituntut untuk meningkatkan kinerja usahanya, perusahaan juga dituntut untuk menghasilkan kualitas laporan keuangan yang baik. Informasi keuangan yang bermanfaat harus memiliki kualitas laporan keuangan yang sangat baik agar dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Asimetri Informasi terjadi ketika suatu keadaan dimana manajemen mempunyai informasi yang lebih banyak tentang perusahaan dan prospek dimasa yang akan datang dibandingkan dengan pemilik. Kondisi ini memberikan kesempatan kepada manajemen menggunakan informasi yang diketahuinya untuk memanipulasi pelaporan keuangan sebagai usaha untuk memaksimalkan kemakmurannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelaporan keuangan terhadap asimetri informasi, pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI pada tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan bentuk hubungan kausal (hubungan sebab akibat). Data yang digunakan sebagai data penelitian adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah diaudit, data harga saham harian perusahaan yang diteliti, dan data IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) harian. Berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 20.0, maka diketahui bahwa kualitas pelaporan keuangan dengan proksi relevansi nilai dan ketepatwaktuan memiliki pengaruh positif terhadap asimetri informasi pada kelompok perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7997
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.98Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.86Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 42.14Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.53Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.11Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.13Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.77Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 109.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 135.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.56Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 41.07Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record