PENGARUH IMPLEMENTASI LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur)

Widyatama Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur)

Show full item record

Title: PENGARUH IMPLEMENTASI LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur)
Author: Rahadiani, Aristi
Abstract: PENGARUH IMPLEMENTASI LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH, Aristi Rahadiani 0108A46, diajukan sebagai persyaratan ujian sidang Sarjana pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi LAKIP terhadap peningkatan kinerja instansi pemerintah daerah (Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur). Indikator yang digunakan untuk melihat pengaruh implementasi LAKIP adalah Mekanisme LAKIP dan Isi LAKIP, sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai kinerja instansi pemerintah daerah adalah efisiensi penggunaan sumberdaya, kualitas barang/jasa/pelayanan, hasil kegiatan dan efektivitas tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik adalah suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan perusahaan secara sistematik, aktual, dan akurat dengan cara mengumpulkan data berdasarkan fakta yang nampak dalam organisasi, dimana fakta tersebut dikumpulkan, diolah, dan dianalisis, sehingga dapat memberikan saran-saran untuk masa yang akan datang. Penulis memperoleh data dan informasi melalui wawancara, penelaahan dokumen, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur yaitu sebanyak 106 orang sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang (28,3%). Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan korelasi Rank Spearman dengan tingkat signifikansi 5% menghasilkan rs positif 0,78 dan thitung 6,637 lebih besar dari ttabel 1,70 serta koefisien determinasinya 61,14%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Cianjur dapat disimpulkan bahwa Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja instansi pemerintah daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7996
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 26.30Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.08Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 61.65Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 61.71Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.61Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.77Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 163.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 174.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 206.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.145Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 39.88Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record