PENGARUH DORONGAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN PROAKTIF TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (Survei pada Perusahaan Industri di Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung yang terdaftar di PROPER 2012)

Widyatama Repository

PENGARUH DORONGAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN PROAKTIF TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (Survei pada Perusahaan Industri di Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung yang terdaftar di PROPER 2012)

Show full item record

Title: PENGARUH DORONGAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN PROAKTIF TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (Survei pada Perusahaan Industri di Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung yang terdaftar di PROPER 2012)
Author: Utami, Gitasari Wahyu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi variabel dorongan akuntansi manajemen lingkungan proaktif (3 indikator) terhadap kinerja lingkungan perusahaan (4 indikator). Akuntansi manajemen lingkungan mengintegrasikan aspek lingkungan dari perusahaan ke dalam akuntasi manajemen dan proses pengambilan keputusan dan membantu pelaku bisnis/manajer untuk mengumpulkan, menganalisa dan menghubungkan antara aspek lingkungan dengan informasi moneter maupun fisik, sedangkan Pengukuran kinerja lingkungan dalam penelitian ini dengan menggunakan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). PROPER merupakan salah satu upaya peningkatan lingkungan hidup yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Objek penelitian di sini adalah bagaimana pengaruh dorongan akuntansi manajemen lingkungan proaktif terhadap kinerja lingkungan di Perusahaan industri Kota Bandung, Kota Cimahi dan, Kabupaten Bandung berdasarkan PROPER 2012 yang terdiri dari 24 perusahaan berskala besar dengan kategori perusahaan : tekstil, farmasi, makanan dan minuman, peleburan logam, migas, rumah sakit, dan pengolahan teh. Data dikumpulkan melalui survei, email, dan wawancara dengan pimpinan/ manajer perusahaan khususnya yang menangani lingkungan hidup/bagian akuntansi manajemen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 2,050 + 0,500X. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Pearson Product Moment, maka diperoleh nilai r sebesar 0,713, karena nilai r berada diantara 0,600-0,799, maka hubungan antara Dorongan Akuntansi Manajemen Lingkungan Proaktif dengan Kinerja Lingkungan Perusahaan dapat dikatakan kuat. Besarnya Pengaruh (R Square) Dorongan Akuntansi Manajemen Lingkungan Proaktif Terhadap Kinerja Lingkungan Perusahaan Pada Perusahaan Industri di Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung yang Terdaftar di PROPER 2012 sebesar 50,80% dan sisanya 49,20% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, bahwa thitung = 4,315 lebih besar dari ttabel = 2,101. Ini berarti Ho tidak diterima dan Ha diterima, dengan demikian dorongan akuntansi manajemen lingkungan proaktif berpengaruh terhadap kinerja lingkungan Pada Perusahaan Industri di Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung yang Terdaftar di PROPER 2012.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7991
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 92.08Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 114.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 246.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 190.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 116.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 163.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 103.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 260.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 374.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 488.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 482.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 85.70Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 237.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record