PENGARUH TENUR KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DAN REPUTASI KAP TERHADAP KUALITAS AUDIT (Pada Perusahaan Food and BeveragesYang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)

Widyatama Repository

PENGARUH TENUR KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DAN REPUTASI KAP TERHADAP KUALITAS AUDIT (Pada Perusahaan Food and BeveragesYang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)

Show full item record

Title: PENGARUH TENUR KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DAN REPUTASI KAP TERHADAP KUALITAS AUDIT (Pada Perusahaan Food and BeveragesYang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2012)
Author: Esanita, Dea
Abstract: Terjadinya berbagai kegagalan pelaporan keuangan pada beberapa tahun terakhir, membuka kembali pertanyaan apakah hubungan kerja yang panjang antara KAP dan klien kemungkinan menciptakan suatu resiko pada berlebihannya keakraban (excessive familiarity) yang dapat mempengaruhi obyektifitas dan independensi KAP. Ditandai dengan terjadinya berbagai kasus, di Amerika Serikat terjadi berbagai mega skandal yang melibatkan kantor akuntan publik besar, seperti kasus Enron, World-com, Adelphia, Merck, Lucent Technologies dan lain-lain pada tahun 2001 hingga 2002. Untuk mencegah kolusi yang terjadi antara Akuntan publik beserta KAP yang bersangkutan dan perusahaan klien, Menteri Keuangan mengeluarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 423/KMK.06/2002 Tentang Jasa Akuntan Publik yang mewajibkan pemberian jasa audit umum atas laporan keuangan dari suatu entitas oleh KAP paling lama untuk lima tahun buku berturut-turut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tenur Kantor Akuntan Publik (KAP) dan reputasi KAP terhadap kualitas audit. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris tentang kualitas audit pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2012. Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive Sampling sebanyak 11 perusahaan. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dan laporan auditor independen yang dipublikasikan melalui website (www.idx.co.id) dan diperoleh dari Pusat Pasar Modal, Jalan Veteran No.10, Bandung. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan regresi berganda. Dari hasil pengolahan Regresi Berganda pada Kualitas Audit menunjukkan bahwa koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,131 yang berarti bahwa variabel dependen yaitu kualitas audit yang dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu variabel tenur KAP dan reputasi KAP dalam penelitian ini sebesar 13,1%, sedangkan sisanya sebesar 86,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa berdasarkan hasil pengujian secara parsial tenur KAP dan reputasi KAP berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit. Sedangkan secara simultan atau secara bersama-sama kedua variabel tersebut juga menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7987
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 95.29Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 176.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 257.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 207.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 119.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 109.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 107.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 206.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 471.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 405.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 651.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 117.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 256.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record