PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Survei Pada 3 (Tiga) Perusahaan BUMN Di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Survei Pada 3 (Tiga) Perusahaan BUMN Di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Survei Pada 3 (Tiga) Perusahaan BUMN Di Kota Bandung)
Author: Septian, Riki Nur
Abstract: Banyaknya pelanggaran dalam penyajian laporan keuangan di perusahaan membuat para stakeholder merasa dirugikan, terlebih pelanggaran ini dilakukan pada perusahaan lembaga pemerintahan yaitu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini terjadi akibat dari penyencatatan dan penyajian laporan keuangan perusahaan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, khususnya Di Indonesia. Dari data yang diperoleh penulis bahwa terdapat 24 perusahaan BUMN menjadi lembaga pemerintah yang korup. Good Corporate Governance adalah suatu sistem tata kelola perusahaan yang baik dengan mempertimbangkan segi akuntabilitas dan segi pertanggungjawaban kepada para shareholder dan juga kepada stakeholders lainnya. Good Corporate Governance akan berjalan dengan baik apabila diterapkan dan dijalankan sesuai pedoman di dalam perusahaan. Hal ini pun dapat menjauhkan hasil laporan perusahaan yang berbentuk laporan keuangan dari salah saji yang bersifat material. Maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai good corporate governance yang dilakukan di 3 (tiga) perusahaan BUMN di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat penerapan prinsip-prinsip good corporate governance terhadap penyajian laporan keuangan di 3 (tiga) perusahaan di Kota Bandung dengan menggunakan metode penelitian eksploratif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip good corporate governance berpengaruh terhadap penyajian laporan keuangan yang dilihat dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu (4,270 < 1,701) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7973
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 442.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 301.4Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 114.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 265.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 516.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 678.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 601.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 180.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 165.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record