PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Dinas-Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Dinas-Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH (Studi pada Dinas-Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)
Author: Ratmanik, Noviar
Abstract: Kinerja pemerintah tengah mendapat sorotan yang cukup besar dari masyarakat, terutama kinerja instansi pemerintah yang sebagian besar kegiatannya dibiayai oleh dana publik. Belum optimalnya pencapaian kinerja disebabkan oleh perencanaan kinerja dan penganggaran yang belum baik, terbatasnya jumlah dan kapasitas sumber daya manusia. Agar pelaksanaannya berjalan efektif, para pelaksana dituntut agar berpartisipasi dalam merencanakan anggaran, sehingga dapat meningkatkan kinerja pemerintah secara keseluruhan. Objek penelitian pada skripsi ini adalah partisipasi anggaran dan kinerja aparatur pemerintah daerah. Sampel yang diambil oleh penulis yaitu 17 Dinas SKPD di Pemerintahan Kota Bandung. Metode pengambilan sampel yang digunakan penulis yaitu metode purpossive sampling. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode explanatory dengan pendekatan survei menggunakan data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada 51 responden. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah di Dinas-Dinas SKPD, penulis melakukan penelitian dengan metode desktiptif, yaitu suatu metode yang memberikan gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta, sifat, hubungan antar fenomena yang diteliti, kemudian membandingkan hasilnya dengan teori yang ada. Pengumpulan data yang dilakukan penulis melalui kuesioner, wawancara, observasi dan studi literature. Partisipasi anggaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah Kota Bandung, dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7970
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 263.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 348.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 326.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 496.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 245.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record