PENGARUH KOMPETENSI DAN OBJEKTIVITAS AUDITOR INTERNAL TEHADAP KEEFEKTIFAN FUNGSI AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI DAN OBJEKTIVITAS AUDITOR INTERNAL TEHADAP KEEFEKTIFAN FUNGSI AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI DAN OBJEKTIVITAS AUDITOR INTERNAL TEHADAP KEEFEKTIFAN FUNGSI AUDIT INTERNAL (Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia Persero)
Author: Gita, Ni Putu
Abstract: Pembentukan fungsi audit internal merupakan keharusan bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti dengan staf audit internal PT. INTI menyatakan bahwa auditor internal kurang dalam hal kompetensi dan objektivitas yang dapat berpengaruh terhadap fungsi audit internal. Kompetensi adalah pengetahuan, kemampuan, dan berbagai disiplin ilmu yang diperlukan untuk melaksanakan pemeriksaan secara tepat dan pantas (SPAI, 2004). Objektivitas adalah kondisi dimana seseorang tidak memihak dan tanpa adanya tekanan dari pihak luar dalam pembentukan persepsinya (Colbert, 1993). Fungsi audit internal adalah menyediakan jasa dan memberikan kenyakinan serta informasi kepada manajemen dan dewan komisaris serta pihak lain yang memiliki wewenang dan tanggung jawab yang setara. (Mulyadi, 2002) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatori dengan pendekatan studi kasus teknik sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan pada bagian divisi keuangan, divisi SPI, dan divisi Akuntansi yang berjumlah 35 orang di perusahaan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (persero) yang berlokasi di jalan Mohamad Toha no. 77 Bandung-Jawa Barat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi auditor internal berpengaruh terhadap keefektifan fungsi audit internal dan objektivitas auditor internal berpengaruh terhadap keefektifan fungsi audit internal PT. INTI. Secara bersama-sama objektivitas dan kompetensi auditor internal berpengaruh terhadap keefektifan fungsi audit internal. Saran bagi perusahaan, proses pemeriksaan audit yang dilakukan tetap dipertahankan dan senantiasa meningkatkan keefektifan fungsi auditor internal dengan lebih memandang kompetensi dan objektivitas auditor internal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7968
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 100.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 172.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 106.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 180.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 119.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 106.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 187.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 362.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 533.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 619.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 106.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 177.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record