PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DENGAN PENGETAHUAN ANGGOTA DEWAN TENTANG ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Penelitian pada DPRD Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DENGAN PENGETAHUAN ANGGOTA DEWAN TENTANG ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Penelitian pada DPRD Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN DENGAN PENGETAHUAN ANGGOTA DEWAN TENTANG ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Penelitian pada DPRD Kota Bandung)
Author: Riansyah, Erwan Rizki
Abstract: Fenomena yang berkaitan dengan pengawasan APBD yang terjadi, seperti adanya dorongan dari pihak Lembaga Pengawasan Pembangunan & Peradilan Indonesia (LP3I) terhadap penyimpangan dalam penggunaan dana APBD. Berdasarkan laporan masyarakat dari hasil advokasi dilapangan dapat disimpulkan bahwa lemahnya pengawasan legislatif terhadap jalannya roda pemerintahan serta keuangan APBD yang berasal dari rakyat. Tujuan yang ingin di capai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengawasan keuangan daerah terhadap akuntabilitas keuangan serta untuk mengetahui pengaruh pengawasan keuangan daerah terhadap akuntabilitas keuangan dengan diperkuat pengetahuan anggota dewan tentang anggaran. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif. Jenis data yang digunakan data primer dengan menggunakan angket/kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah non probabilitity sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh terdiri dari 23 orang Badan Anggaran DPRD Kota Bandung. Analisis statistik yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian untuk hipotesis pertama dengan koefisien regresi ini lebih besar dari nol (0,379>0) serta taraf signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) maka Ha diterima dan menolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa, Terdapat Pengaruh dan Signifikan antara Pengawasan Keuangan Daerah (X1) terhadap Akuntabilitas Keuangan (Y), dengan koefisien determinasi, R Square (R2) sebesar 0,425 atau 42,5%. Hipotesis kedua dengankoefisienregresi yang didapatkanlebihbesardarinol (0,007 > 0)serta taraf signifikansinya lebih besar dari 0,05 (0,101 > 0,05) maka Ha diterima dan menolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa, Pengetahuan Anggota Dewan tentang anggaran memperkuat dalam pengaruh Pengawasan Keuangan Daerah terhadap Akuntabilitas keuangan. Pada penelitian ini koefisien determinasi, R Square (R2) sebesar 0,499 atau 49,9%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7964
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 90.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.57Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 124.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 182.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 40.68Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 32.14Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.54Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 190.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 343.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 512.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 413.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.19Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 177.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record