PENGARUH TINGKAT PENGUNGKAPAN ASET TIDAK BERWUJUD DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Survey pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2011)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT PENGUNGKAPAN ASET TIDAK BERWUJUD DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Survey pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2011)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT PENGUNGKAPAN ASET TIDAK BERWUJUD DALAM LAPORAN TAHUNAN TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Survey pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010 -2011)
Author: Syuhada, Ariyo Nur
Abstract: Aset tak berwujud adalah aset yang tidak memiliki bentuk tetapi sah dimiliki perusahaan dan dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Pentingnya aktiva tidak berwujud dalam kesuksesan perusahaan diindikasikan oleh kenaikan kapitalisasi saham yang cukup tinggi dan adanya selisih antara nilai buku dengan nilai kapitalisasi saham. Adanya masalah dalam pengungkapan aset tidak berwujud tentunya membuat perusahaan mempertimbangan sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh oleh perusahaan dari pengungkapan aset tidak berwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh antara pengungkapan aktiva tidak berwujud terhadap harga saham. Penelitian menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan dan mempelajari dokumen yang dibutuhkan seperti laporan keuangan perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud secara simultan memiliki hubungan yang sedang terhadap Harga Saham. Berdasarkan analisis koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa pengaruh Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud secara simultan terhadap Harga Saham sebesar 17,9% sedangkan sisanya yaitu 82,1% adalah pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan yaitu Fhitung (3,572) > Ftabel (2,336) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud berpengaruh secara simultan terhadap Harga Saham.Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud yang diukur dengan Strategy (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan Keuangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud yang diukur dengan Process (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud yang diukur dengan Customer (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud yang diukur dengan Technology (X4) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud yang diukur dengan Human Capital (X5) berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Pengungkapan Aktiva Tidak Berwujud yang diukur dengan Research and Development (X6) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7962
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 51.13Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.75Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.23Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 29.81Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.75Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.90Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 21.49Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.66Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 57.88Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 75.34Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 89.66Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 212.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record