PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus pada PT. Pupuk Kujang Cikampek)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus pada PT. Pupuk Kujang Cikampek)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMITMEN PROFESIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA AUDITOR INTERNAL (Studi Kasus pada PT. Pupuk Kujang Cikampek)
Author: Ginanjar, Gista
Abstract: Komitmen digambarkan sebagai sikap yang memiliki keinginan kuat untuk tetap berorganisasi tertentu, berusaha keras sesuai keinginan organisasi, dan keyakinan terhadap penerimaan nilai dan tujuan organisasi. Komitmen profesional adalah tingkat loyalitas individu pada profesinya seperti yang dipersepsikan oleh individu tersebut. Dengan dimilikinya komitmen organisasional dan komitmen profesional yang tinggi pada diri seorang auditor dalam melaksanakan tugasnya, maka dapat mendorong adanya iklim kerja yang mendukung auditor untuk mencapai prestasi yang nantinya dapat menciptakan kepuasan kerja auditor itu sendiri. Kepuasan kerja dianggap sangat penting karena adanya biaya akibat ketidakpuasan (dissatisfaction) dalam employee turnover, absenteeism dan kinerja pekerjaan Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasional dan komiten profesional terhadap kepuasan kerja auditor internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komitmen profesional dan variabel komitmen organisasional dapat dikatakan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja auditor internal dapat dikatakan tinggi. Pengaruh komitmen profesional dan komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja auditor internal pada PT. Pupuk Kujang Cikampek secara simultan yang dilakukan melalui pengujian asumsi-asumsi klasik yang di antaranya uji normalitas, multikolinieritas, heteroskredasitas dan autokorelasi memberikan hasil estimasi yang baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tidak adanya pelanggaran mengenai pengujian asumsi-asumsi klasik tersebut. Selanjutnya dari analisis linier berganda diperoleh hasil bahwa komitmen professional dan komitmen organisasional memiliki nilai yang positif sehingga dapat menaikan kepuasan kerja auditor internal. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komitmen professional (variabel X1) dan komitmen organisasional (variabel X2) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap kepuasan kerja auitor internal (variabel Y). Hasil pengujian hipotesis secara parsial menyatakan bahwa variabel komitmen profesional (variabel X1) maupun variabel komitmen organisasional (variabel X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan kerja auditor internal (variabel Y).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7955
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 83.05Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 181.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 300.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 199.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 186.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 176.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 178.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 150.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 226.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 517.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 891.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 155.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 133.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record