PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, EARNINGS, DAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI TERHADAP RETURN YANG DITERIMA OLEH PEMEGANG SAHAM (Survey pada Perusahaan Keuangan Sub Sektor Perbankan Dan Asuransi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2011)

Widyatama Repository

PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, EARNINGS, DAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI TERHADAP RETURN YANG DITERIMA OLEH PEMEGANG SAHAM (Survey pada Perusahaan Keuangan Sub Sektor Perbankan Dan Asuransi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2011)

Show full item record

Title: PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, EARNINGS, DAN ARUS KAS DARI AKTIVITAS OPERASI TERHADAP RETURN YANG DITERIMA OLEH PEMEGANG SAHAM (Survey pada Perusahaan Keuangan Sub Sektor Perbankan Dan Asuransi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2011)
Author: Setiawan, Dedi
Abstract: Pasar Modal merupakan wadah bagi para investor untuk menginvestasikan dananya diperusahaan terbuka (emiten). Emiten setiap tahunnya harus mempublikasikan laporan keuangan. Para Investor akan menggunakan laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan, yang salah satu caranya adalah pengukuran kinerja dengan menggunakan metode economic value added, earnings, dan arus kas dari aktivitas operasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh economic value added, earnings, dan arus kas dari aktivitas operasi terhadap return saham secara simultan dan parsial. Penelitian menggunakan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten yang termasuk kedalam perusahaan keuangan sub sektor perusahaan perbankan dan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan tahun yang diteliti adalah 2010-2011. Pengujian statistic menggunakan analisis regresi linier berganda, dimana pengaruh simultan diuji dengan menggunakan uji F dan pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa economic value added, earnings, dan arus kas dari aktivitas operasi secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Berdasarkan analisis koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa pengaruh economic value added, earnings dan arus kas dari aktivitas operasi memberikan pengaruh terhadap tingkat pengembalian saham secara simultan sebesar 23,1%. Sedangkan sisanya 76,9% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan yaitu F hitung > F tabel (3,603>2,866) maka H0 ditolak. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa economic value added, earnings dan arus kas dari aktivitas operasi secara simultan mempengaruhi Tingkat Pengembalian Saham secara signifikan. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh economic value added (X1) tidak berpengaruh secara signifikan, earnings (X2) berpengaruh secara signifikan, arus kas dari aktivitas operasi (X3) tidak berpengaruh secara signifikan. Saran yang dapat diberikan peneliti dari ketiga variable economic value added (eva), earnings dan arus kas dari aktivitas operasi dapat dijadikan bahan reverensi dan pertimbangan bagi perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan dalam lingkup internal perusahaan seperti perubahan manajerial dan staregi perusahaan, bagi investor dapat mempertimbangkan dalam melakukan investasinya dalam bentuk saham biasa, dan penelitian selanjutna dapat mempertimbangkan faktor lain yang dapat mempengaruhi return saham, seperti ukuran perusahan ukuran perusahaaan (size), pertumbuhan perusahaan (growth) dan risiko yang dihadapi perusahaan (risk).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7940
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 156.3Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 162.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 160.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 177.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 112.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 105.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 226.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 410.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 348.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 687.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 171.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 210.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record