PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DAN KOMITMEN TOP MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN INTERNAL (Survey pada BUMN Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DAN KOMITMEN TOP MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN INTERNAL (Survey pada BUMN Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL DAN KOMITMEN TOP MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN INTERNAL (Survey pada BUMN Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung)
Author: Bulandari, Ayu
Abstract: Pada prinsipnya keberadaan auditor internal diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan seperti pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Laporan hasil pemeriksaan merupakan produk audit dan merupakan media bagi auditor internal untuk menunjukkan kontribusinya pada perbaikan kinerja organisasi. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan efektivitas laporan hasil pemeriksaan internal adalah dengan menugaskan auditor yang profesional. Efektivitas laporan hasil pemeriksaan juga dilihat dari sejauh mana temuan dan rekomendasi yang dicantumkan dalam laporan hasil pemeriksaan telah ditindak lanjuti oleh pihak manajemen. Oleh karena itu, dibutukan adanya komitmen dari top manajemen. Penelitian berjudul Pengaruh Profesionalisme Auditor Internal dan Komitmen Top Manajemen terhadap Efektivitas Laporan Hasil Pemeriksaan Internal (Survey pada BUMN sektor industri pengolahan di Kota Bandung). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh profesionalisme auditor internal dan komitmen top manajemen secara simultan dan parsial terhadap efektivitas laporan hasil pemeriksaan internal. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan ekplanatory dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Pearson Product Moment, maka diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,728, maka hubungan antara profesionalisme auditor internal dan komitmen top manajemen secara simultan dengan efektivitas laporan hasil pemeriksaan internal dapat dikatakan kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profesionalisme Auditor Internal dan Komitmen Top Manajemen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Laporan Hasil Pemeriksaan Internal dengan total pengaruh sebesar 53,0%. Sedangkan sisanya sebesar 47,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati di dalam penelitian ini. Dari perhitungan uji hipotesis, dapat terlihat bahwa Fhitung > Ftabel (23,647 > 3,220) maka H0 ditolak, artinya Profesionalisme Auditor Internal (X1) dan Komitmen Top Manajemen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Laporan Hasil Pemeriksaan Internal (Y) pada BUMN Sektor Industri Pengolahan di Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7939
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.64Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 69.33Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.68Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 123.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 137.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.8Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 210.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 354.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 305.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 360.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 84.71Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 155.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record