PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SERTA IMPLIKASINYA PADA BELANJA PUBLIK (Penelitian pada Pemerintah Kota Bandung Tahun 2007-2011)

Widyatama Repository

PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SERTA IMPLIKASINYA PADA BELANJA PUBLIK (Penelitian pada Pemerintah Kota Bandung Tahun 2007-2011)

Show full item record

Title: PENGARUH PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) SERTA IMPLIKASINYA PADA BELANJA PUBLIK (Penelitian pada Pemerintah Kota Bandung Tahun 2007-2011)
Author: Susanti, Elly Susi
Abstract: Pendapatan asli daerah merupakan sektor penerimaan yang sangat penting bagi keberlangsungan pembangunan daerah, seperti sektor pengeluaran berupa belanja publik. Semakin tinggi penerimaan terhadap pendapatan asli daerah maka semakin besar pula kemampuan bagi daerah tersebut untuk melaksanakan dan menyukseskan pembangunan daerah. Masalah yang sedang dihadapi oleh Pemerintah Daerah Kota Bandung adalah masih lemahnya kemampuan PAD, sehingga akan berpengaruh langsung terhadap sumber keuangan untuk membiayai pembangunan daerah. Dalam hal ini pajak daerah dan retribusi daerah memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai sektor penyumbang pendapatan asli daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap PAD serta implikasinya pada belanja publik baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung, dengan mengambil sampel laporan realisasi Anggaran Pemerintah dan Belanja Daerah periode tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatori. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi linear sederhana, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t dan pengaruh simultan diuji dengan menggunakan uji F dengan program Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 20. Hasil dari Penelitian ini, hipotesis pertama secara parsial membuktikan bahwa pajak daerah memiliki pengaruh signifikan dan mempunyai hubungan yang positif terhadap PAD. Penelitian secara parsial juga membuktikan bahwa retribusi daerah memiliki pengaruh signifikan dan mempunyai hubungan yang positif terhadap PAD. Penelitian secara simultan membuktikan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan mempunyai hubungan yang positif terhadap pajak PAD. Hipotesis kedua, menunjukan bahwa PAD memiliki pengaruh signifikan dan mempunyai hubungan yang positif terhadap belanja publik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7930
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 108.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 114.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 207.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 124.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 146.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.48Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 100.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 185.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 398.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 427.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 369.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 161.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 121.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record