PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN INSTITUSI DAN LEVERAGE TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Memenangkan Indonesia Sustainability Reporting Awards/ISRA yang Sahamnya Tercatat di Bursa Efek Indonesia/BEI Tahun 2010-2011)

Widyatama Repository

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN INSTITUSI DAN LEVERAGE TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Memenangkan Indonesia Sustainability Reporting Awards/ISRA yang Sahamnya Tercatat di Bursa Efek Indonesia/BEI Tahun 2010-2011)

Show full item record

Title: PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJEMEN, KEPEMILIKAN INSTITUSI DAN LEVERAGE TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan yang Memenangkan Indonesia Sustainability Reporting Awards/ISRA yang Sahamnya Tercatat di Bursa Efek Indonesia/BEI Tahun 2010-2011)
Author: Juniar, Bunga Rosbawi
Abstract: Tujuan dari studi ini adalah untuk meneliti pengaruh dari Kepemilikan Manajeman, Kepemilikan Institusi dan Leverage dalam mempengaruhi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Studi ini menggunakan Kepemilikan Manajeman, Kepemilikan Institusi dan Leverage sebagai variabel independent. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) merupakan variabel dependent yang digunakan dalam penelitian ini. Objek dari studi ini yaitu pada perusahaan-perusahaan yang mendapat penghargaan ISRA yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2011. Data dari objek diatas diambil dari laporan tahunan (annual report) perusahaan pada periode 2010-2011. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa korelasi untuk mengetahui arah dan kuat/tidaknya hubungan antar variable. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel Kepemilikan Manajeman, Kepemilikan Institusi dan Leverage terhadap variabel Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang dinyatakan dalam persentase baik secara parsial maupun secara bersamaan. Dari analisis korelasi didapatkan hasil korelasi yang cukup kuat dan positif yaitu sebesar 43,3%. Dan dari analisis koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 18,8% artinya bahwa Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dipengaruhi oleh Kepemilikan Manajeman, Kepemilikan Institusi dan Leverage sebesar 18,8% dan sisanya 81,2% dipengaruhi faktor lain. Sedangkan dari analisis regresi berganda variabel Kepemilikan Manajemen menjadi satu-satunya variable yang secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility (Y) (thitung 2,636 > ttabel 1,761). Selanjutnya, variabel Kepemilikan Institusi secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility (Y) (thitung -1,732 > ttabel -1,761). Variabel terakhir yang diteliti adalah leverage secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tanggung jawab social perusahaan (Y). Hal ini dibuktikan dari nilai (thitung 0,736 < ttabel 1,761). Sedangkan secara bersamaan, kepemilikan manajemen (X1), kepemilikan institusi (X2) dan leverage (X3) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap tanggung jawab sosial (Y) pada perusahaan – perusahaan yang mendapatkan penghargaan ISRA. Hal ini dilihat dari hasil pengujian statistik F/uji-F didapatkan nilai Fhitung sebesar (4,079) yang lebih besar dibandingkan dengan nilai Ftabel (3,34).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7928
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 87.01Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 298.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 204.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 246.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 248.7Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 225.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 167.1Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 91.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 259.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 484.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 379.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 489.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 178.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 304.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record