PENGARUH GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Studi kasus pada Inspektorat Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Studi kasus pada Inspektorat Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Studi kasus pada Inspektorat Kota Bandung)
Author: Suryadinata, Ariama
Abstract: Bertolak dari proses reformasi yang menginginkan suatu perubahan mendasar dalam penyelenggaraan pemerintah yang lebih transparan, berkeadilan dan akuntabel, maka tuntunan akan adanya pemerintah yang baik (Good Governance) menjadi berhubungan satu dengan yang lainnya. Tujuan reformasi untuk penguatan peran masyarakat dengan penerapan demokrasi rakyat tidak tercapai jika tidak didukung oleh suatu pemerintah yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Good Governance terhadap kinerja aparatur di lingkungan pemerintah Kota Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji kinerja aparatur pada Inspektorat Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan di Inspektorat Kota Bandung yang berlokasi di Jl. Tera No.20 Bandung-Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan Purposive sampling untuk menentukan sampel dari populasi yang memenuhi kriteria tertentu sesuai yang penulis kehendaki, yaitu yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat), dengan pertimbangan bahwa PNS yang telah mengikuti pelatihan (diklat) dianggap telah memiliki integritas yang tinggi dan kompetensi yang baik serta menilai kondisi lingkungan kerjanya, serta para Aparatur Inspektorat dalam menjalankan fungsi Inspektorat itu sendiri. Penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 46 responden yang berkaitan dengan topik yang diteliti pada Inspektorat kota Bandung. Kemudian data yang diperoleh dari kuesioner diolah dengan rumus regresi untuk mengetahui apakah Good Governance berpengaruh terhadap Kinerja Aparatur di lingkungan pemerintah Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Good Governacne terhadap kinerja aparatur. berdasarkan hasil perhitungan korelasi Product moment yaitu sebesar 0,816 yang berada dalam interval 0,80-1,000 yang menunjukan tingkat hubungan yang kuat serta hasil hipotesi yang hasilnya menunjukan bahwa nilai thitung (9,374) > ttabel (2,015), dan untuk koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 66,6% terhadap kinerja aparatur pemerintah dikantor Inspektorat Kota Bandung, sedangkan sisanya sebanyak 100%- 66,6%=33,4% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7927
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 315.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.07Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.80Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 34.76Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 32.55Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.11Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.24Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.38Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 46.05Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 82.56Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 154.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 223.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.91Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.93Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record