PENGARUH LINGKUNGAN STRATEGI, BUDAYA ORGANISASI, DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAERAH (Studi Kasus Pada PDAM Tirtawening Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH LINGKUNGAN STRATEGI, BUDAYA ORGANISASI, DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAERAH (Studi Kasus Pada PDAM Tirtawening Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH LINGKUNGAN STRATEGI, BUDAYA ORGANISASI, DAN PERENCANAAN STRATEGI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DAERAH (Studi Kasus Pada PDAM Tirtawening Kota Bandung)
Author: Nurlistari, Wulan
Abstract: PDAM merupakan lembaga yang dibentuk untuk memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat dan sekaligus menjadi tumpuan bagi daerah untuk memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang pada saat ini mengalami kesulitan dalam menjalankan kedua misi utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara lebih mendalam tentang bagaimana kinerja perusahaan daerah yaitu PDAM Tirtawening Kota Bandung dan faktor - faktor apa yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan strategi, budaya organisasi, serta perencanaan strategi terhadap kinerja pada PDAM di Kota Bandung dengan penilaian kinerja menggunakan metode balance scorecard, yang dinilai cocok untuk organisasi sektor publik baik yang pure non profit organizations (Pemerintahan Daerah) maupun yang bersifat quasy non profit organizations seperti PDAM. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: pengamatan, wawancara, serta kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari lingkungan strategi, budaya organisasi, dan perencanaan strategi terhadap kinerja PDAM Tirtawening Kota Bandung baik secara parsial maupun secara simultan atau keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa lingkungan strategi, budaya organisasi dan perencanaan strategi dapat memiliki pengaruh besar pada kinerja perusahaan. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa lingkungan strategi, budaya organisasi, dan perencanaan strategi masing-masing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja PDAM Tirtawening, dan secara simultan ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi pengaruh sebesar 78,4%, dan sisanya merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7925
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.15Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 104.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 47.24Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.6Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 99.79Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 290.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 525.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 645.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1022.Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 163.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record