PENGARUH FUNGSI PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH OLEH DPRD TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH FUNGSI PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH OLEH DPRD TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH FUNGSI PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH OLEH DPRD TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung)
Author: Indriyanti, Pripta
Abstract: Salah satu aspek penting dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi adalah masalah keuangan daerah dan anggaran daerah (APBD). Agar dapat mewujudkan otonomi daerah dan desentralisasi yang luas, nyata, dan bertanggungjawab maka diperlukan manajemen keuangan daerah yang mampu mengontrol kebijakan keuangan daerah secara ekonomis, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Apabila keuangan daerah telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya maka akan pula mendapatkan hasil output akhir yang berkualitas yaitu berupa LKPD yang baik. LKPD yang berkualitas yaitu yang dapat memenuhi karakteristik kualitatif yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Namun demikian setelah lima tahun Kota Bandung masih mendapatkan opini disclaimer pada tahun 2009. Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah menyatakan bahwa pengawasan atas pelaksanaan APBD dilakukan oleh DPRD. Pengawasan terhadap pengelolan keuangan daerah oleh lembaga legislatif (DPRD) terhadap lembaga eksekutif (Pemerintah Daerah) sangat penting dilakukan, karena pengawasan merupakan suatu usaha untuk menjamin adanya keserasian antara penyelenggaraan tugas pemerintah di daerah (di pusat) dan menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintah. Peranan DPRD dalam pengawasan keuangan daerah sangat besar dan memiliki nilai yang sangat strategis untuk dapat mengontrol kebijakan keuangan daerah secara ekonomis, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi pengawasan keuangan daerah oleh DPRD terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Bandung. Penelitian dilakukan pada Dewan Perwakilan Rakyat DaeraH (DPRD) Kota Bandung di bagian Komisi B dan Badan Anggaran sebagai sampelnya dan Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bandung dengan bagian akuntansi dan bagian anggaran sebagai sampelnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pegawai yang ada yaitu berjumlah 34 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa Fungsi Pengawasan Keuangan Daerah oleh DPRD memberikan kontribusi pengaruh sebesar 35,9% terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, sedangkan sisanya sebesar 64,1% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7921
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.95Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 109.2Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 185.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 137.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 330.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 473.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 608.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 635.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 114.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record