PENGARUPENGARUH PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUPENGARUH PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUPENGARUH PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT (Studi Kasus pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bandung)
Author: Wardata, Nurul Kustina
Abstract: Pengendalian dapat berbentuk prosedur, peraturan, dan instruksi yang didesain untuk memastikan bahwa tujuan sistem operasi akan dapat dicapai secara efektif dan efisien. Pengendalian intern yang nyata dan bertanggungjawab serta mendapat kepercayaan masyarakat bukanlah suatu hal yang instan semudah membalikan telapak tangan. Diperlukan komitmen yang kuat, proses pembelajaran yang terus-menerus serta kesabaran kolektif dari segenap pemangku kepentingan baik di pusat maupun di daerah. Tata kelola yang baik (good governance) pada perusahaan yang secara amanah, profesional, dan transparan yang berdampak pada kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dari setiap tahunnya, untuk itu seharusnya pengendalian intern selalu dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandung, yang merupakan lembaga teknis pemerintah daerah yang mengelola perencanaan pembangunan daerah Kota Bandung. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pengendalian intern terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat. Objek penelitian di sini adalah bagaimana penerapan pengendalian intern apakah sudah memadai, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Bappeda Kota Bandung. Untuk meneliti hal-hal tersebut, maka diperlukan suatu pendekatan penelitian yang merupakan suatu metode untuk memperoleh informasi secara aktual menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian mendapatkan bahwa penerapan pengendalian intern sudah sangat memadai dan meningkatnya kepercayaan masyarakat secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,636; hal ini berarti derajat keterkaitan antara pengendalian intern dan kepercayaan masyarakat memiliki hubungan yang kuat dan searah, sedangkan besarnya pengaruh pengendalian intern terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat dengan koefisien determinasi sebesar 40,44% sedangkan sisanya 59,56% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, sedangkan berdasarkan uji hipotesis (uji t) telah terbukti bahwa hipotesis “Pengendalian intern berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7920
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 86.87Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 91.77Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.9Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 97.14Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 92.86Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 89.48Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 89.77Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 103.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 244.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 220.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 262.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 92.37Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 119.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record