PENGARUH AKUNTABILTAS DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH AKUNTABILTAS DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH AKUNTABILTAS DAN KOMPETENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)
Author: Raharjo, Guntur Pradipto Aji
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh akuntabilitas dan kompetensi auditor terhadap kualitas audit yang dihasilkan Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri atas variabel independen yaitu akuntabilitas dan kompetensi serta variabel dependen yaitu kualitas audit. Akuntabilitas disini menggunakan dua dimensi yaitu motivasi dan tanggung jawab profesi, sedangkan kompetensi diproksikan dengan pengetahuan dan pengalaman bekerja. Penelitian ini menggunakan data primer yakni dari kuisioner (angket) yang disebarkan kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan suatu pertimbangan tertentu yang umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian (Sugiyono, 2005). Dan hasilnya terpilih 35 responden yang berasal dari 8 KAP dari 28 KAP yang terdaftar di directory Kantor Akuntan Publik tahun 2013 yang bersedia mengisi kuisioner dengan lengkap. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan statistik deskriptif untuk analisis data. Dari analisis regresi berganda yang dilakukan terlihat pengaruh signifikan antara akuntabilitas dan kompetensi auditor terhadap kualitas audit sebesar 69,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas dan kompetensi secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap kualitas audit. Namun secara parsial hanya variabel kompetensi saja yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas audit, yakni sebesar 45,12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas dan kompetensi secara simultan memiliki efek positif terhadap kualitas audit. Jadi semakin tinggi akuntabilitas dan kompetensi auditor maka akan semakin tinggi pula kualitas audit. Namun secara parsial hal ini juga menghasilkan kesimpulan bahwa akuntabilitas akan mempengaruhi kualitas audit jika ditunjang dengan pengalaman dan pengetahuan yang tinggi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7916
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.00Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.86Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 183.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 42.01Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.47Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 26.33Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 287.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 274.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 451.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 586.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 61.08Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 181.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record