PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung)
Author: Karimulloh, Fatwa Al Maliek
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit yang dihasilkan Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri atas variabel independen yaitu kompetensi dan independensi serta variabel dependen yaitu kualitas audit. Kompetensi auditor diproksikan dengan pengetahuan dan pengalaman sedangkan independensi auditor diproksikan dengan lama hubungan dengan klien (audit tenure), tekanan dari klien, telaah dari rekan auditor (peer review), dan jasa non audit. Penelitian ini menggunakan data primer yakni dari kuisioner (angket) yang disebarkan kepada auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan proportional simple random sampling dan hasilnya terpilih 41 responden (auditor senior dan auditor junior) yang terdiri dari 9 KAP yang bersedia mengisi kuisioner dari 28 KAP yang terdapat di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dan statistik deskriptif untuk analisis data. Dari analisis regresi berganda yang dilakukan terlihat ada pengaruh signifikan antara kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit sebesar 48,4%. Diperoleh Fhit lebih besar dari Ftabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi dan independensi secara simultan maupun parsial memiliki efek positif terhadap kualitas audit. Jadi semakin tinggi kompetensi dan independensi auditor maka akan semakin tinggi pula kualitas audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7915
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 104.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 110.9Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 73.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 174.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 83.10Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 73.60Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 68.81Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 67.73Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 130.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 211.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 274.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 452.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.91Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record