PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI JAWA BARAT (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI JAWA BARAT (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI JAWA BARAT (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat)
Author: Ismiraj, Farisa
Abstract: Tujuan utama dari desentralisasi fiskal adalah terciptanya kemandirian daerah. Pemerintah daerah diharapkan mampu menggali sumber-sumber keuangan lokal, khususnya melalui Pendapatan Asli Daerah. Dengan adanya Pendapatan Asli Daerah maka pemerintan daerah mampu mendorong terjadinya Pertumbuhan Ekonomi dengan mengelola sumber daya yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat selama kurun waktu tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode deskriptif dengan menggunakan data sekunder yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik Jawa Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan Studi Kepustakaan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis korelasi Pearson. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS untuk menguji pengaruh kemampuan keuangan dan kemandirian daerah terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial dengan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Pendapatan Asli Daerah berpengaruh signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi karena nilai significance yang diperoleh 0,000 < 0,05. Pendapatan Asli Daerah (PAD) mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi sebesar 17,22%, sedangkan sisanya 82,78% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7911
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 78.88Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 80.35Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 96.11Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 92.06Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 101.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 85.78Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 85.43Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 85.52Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 190.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 247.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 183.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 386.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.02Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 112.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record