Analisis Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Tamu Menginap Di Hotel Panghegar Bandung ( Menurut Persepsi Konsumen )

No Thumbnail Available
Date
2008-03
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini disusun oleh Agung Andriyana NRP. 02.03.164 dengan judul â Analisis Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Tamu Menginap Di Hotel Panghegar Bandungâ . Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung 2007, di bawah bimbingan Ibu Sri Wiludjeng, S.P., S.E.,M.P. Hotel Panghegar adalah salah satu hotel bintang empat yang berada di daerah Bandung dengan kapasitas total room 187. Sangat disadari bahwa tingginya tingkat persaingan antara hotel-hotel yang ada di Bandung, maka pihak-pihak hotel menawarkan pelayanan yang lebih baik dari pesaingnya. Yaitu sejauh mana Customer Relationship Marketing yang ditetapkan oleh pihak hotel sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya bahkan sekaligus dapat meningkatkan loyalitas konsumennya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Customer Relationship Marketing di Hotel Panghegar Bandung, untuk mengetahui seberapa besar loyalitas konsumen Hotel Panghegar, untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap loyalitas tamu menginap di Hotel Panghegar Bandung. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sekelompok kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif yaitu metode yang mencari korelasi atau hubungan kausal (menanyakan apakah ada hubungan atau pengaruh terhadap objek yang diteliti). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan guna memperoleh data skunder, serta penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 97 responden. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap pengaruh Customer Relationship Marketing adalah Baik dengan nilai rata-rata 4,07 dan tanggapan responden terhadap loyalitas tamu menginap adalah baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,78. Selanjutnya perhitungan statistik terhadap variable X yaitu Customer Relationship Marketing dan variable Y yaitu loyalitas tamu diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,5565 hal ini menunjukan bahwa hubungan kedua variable sedang dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 30,97% artinya loyalitas tamu dipengaruhi oleh Customer Relationship Marketing sebesar 30,97% dan sisanya sebesar 69,03% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya misalnya promosi, proses penetapan harga, atribut produk dan lain-lain. Pada pengujian distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel = 7,86 > 1,6664. Jadi disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pelaksanaan Customer Relationship Marketing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas tamu menginap di Hotel Panghegar Bandung. Kesimpulan yang diperoleh, bahwa pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap loyalitas tamu menginap Hotel Panghegar Bandung adalah Sedang. Tetapi sebaiknya pihak Hotel harus dapat meningkatkan faktor kualitas, kenyamanan, serta merancang suatu kegiatan yang dapat menambah daya tarik Hotel panghegar Bandung sehingga konsumen tetap loyal terhadap hotel ini.
Description
Keywords
Analisis Customer Relationship Marketing
Citation