PENGARUH BIAYA PERMELIHARAAN DAN PERBAIKAN ARMADA BUS TERHADAP LABA OPERASIONAL ( Studi Kasus pada Perusahaan Jasa PT. JEJAK HASANAH Tasikmalaya)

Widyatama Repository

PENGARUH BIAYA PERMELIHARAAN DAN PERBAIKAN ARMADA BUS TERHADAP LABA OPERASIONAL ( Studi Kasus pada Perusahaan Jasa PT. JEJAK HASANAH Tasikmalaya)

Show full item record

Title: PENGARUH BIAYA PERMELIHARAAN DAN PERBAIKAN ARMADA BUS TERHADAP LABA OPERASIONAL ( Studi Kasus pada Perusahaan Jasa PT. JEJAK HASANAH Tasikmalaya)
Author: Marliana, Dina
Abstract: Pemeliharaan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar dan untuk memperbaiki aktiva yang rusak atau tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan secara cepat agar tidak mengganggu kegiatan dalam memperoleh pendapatan operasional perusahaan. Biaya pemeliharaan dan perbaikan pada umumnya dapat ditelusuri ke departemen yang menerima pelayanan dan diklasifikasikan sebagai beban departemen langsung. Biaya pemeliharaan yang melibatkan jumlah material, dialokasikan dengan membagi biaya tersebut pada beberapa perhitungan untuk memenuhi perbandingan biaya dengan pendapatan dalam perhitungan laba. Laba merupakan indikasi kesuksesan atau badan usaha, karena melalui laba yang diperoleh, perusahaan akan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya pemeliharaan dan perbaikan armada bus terhadap laba operasional. Metode penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif analisis. Pemilihan tes statistic melalui analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi Pearson, koefisien determinasi dan uji statistic t. Dari hasil pengolahan Regresi Linear Sederhana pada biaya pemeliharaan dan perbaikan terhadap laba operasional diketahui bahwa koefisien determinasi Adjusted R2 = 0,415. Artinya variabel dependen (biaya pemeliharaan dan perbaikan) hanya mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen (laba operasional) adalah sebesar 41,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya pemeliharaan dan perbaikan berpengaruh signifkan terhadap laba operasional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7908
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 105.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 107.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 265.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 428.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 449.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 311.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 117.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record