PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS KREDIT INVESTASI (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS KREDIT INVESTASI (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS KREDIT INVESTASI (Studi Kasus Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk)
Author: Gustiana, Wina Febriani
Abstract: Audit internal merupakan pengawasan yang ada di bank, yang dapat membantu dalam proses pencapaian tujuan. Fungsi ini membantu manajemen dalam proses pengendalian intern operasional bank yang rentan terhadap berbagai risiko tertentu. Bagi bank, audit internal ini merupakan proses yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dengan pengendalian intern pengelolaan kredit investasi. Hal ini disebabkan karena pengendalian kredit investasi mempunyai tujuan agar efektifitas kredit investasi dapat tercapai, baik dari segi safety maupun dari segi keuntungan yang didapat dengan adanya pemberian kredit investasi tersebut.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit internal di Bank bjb dan peranan auditor internal dalam menunjang efektifitas kredit investasi pada Bank bjb. Penelitian ini berkaitan dengan dua variabel yaitu peranan audit internal sebagai variabel independen (X) dan efektifitas kredit investasi sebagai variabel dependen (Y). Variabel tersebut bersifat kualitatif sehingga untuk mengkuantitatifkannya peneliti menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan perhitungan korelasi Rank Spearman, Regresi, dan Uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan korelasi sebesar 0,711. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara peranan audit internal dengan efektifitas kredit investasi. Sedangkan besarnya pengaruh ditunjukkan koefisien determinasi sebesar 50,55%. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,543 > 2,045). Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan audit internal berpengaruh positif terhadap efektifitas kredit investasi dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7905
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.38Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 116.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 96.31Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 160.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 246.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 236.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 280.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 148.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 112.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record