PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011)

Widyatama Repository

PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011)

Show full item record

Title: PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011)
Author: Pujiastuti, Sena
Abstract: Kebutuhan akan informasi bisnis yang akurat menjadi salah satu kebutuhan utama bagi para pelaku bisnis dalam membuat suatu keputusan bisnis. Salah satu informasi bisnis utama yang paling sering digunakan adalah laporan keuangan. Auditor, sebagai pihak ketiga dalam perusahaan, bertugas memberikan jasa untuk menilai laporan keuangan dengan hasil akhir berupa opini. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh kondisi keuangan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, pertumbuhan perusahaan dan kualitas audit terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel sebanyak 13 perusahaan manufaktur selama 5 tahun periode penelitian sehingga diperoleh sebanyak 65 sampel penelitian, dimana teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis multivariat yang menggunakan model regresi logistik dengan tingkat signifikansi 5%. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis menggunakan program SPSS untuk menguji pengaruh kondisi keuangan perusahaan, opini audit tahun sebelumnya, pertumbuhan perusahaan dan kualitas audit terhadap opini audit going concern dan terakhir memberikan kesimpulan atas hasil yang diperoleh. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel kondisi keuangan perusahaan memiliki pengaruh negatif yang signifikan dan variabel opini audit tahun sebelumnya memiliki pengaruh positif yang signifikan secara statistik terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern. Sedangkan variabel pertumbuhan perusahaan dan kualitas audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7900
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 91.91Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 205.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 186.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.39Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.63Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 185.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 335.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 291.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 98.42Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.46Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 109.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record