KEMAMPUAN PREDIKTIF LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

KEMAMPUAN PREDIKTIF LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: KEMAMPUAN PREDIKTIF LABA DAN ARUS KAS DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS MASA DEPAN (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Faisal, Sadam
Abstract: Penilaian kinerja perusahaan dapat diukur dengan menggunakan laba. Jumlah laba menunjukkan operasi perusahaan dalam, mengubah atau memutar asetnya menjadi pendapatan yang melebihi biaya-biaya yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan. Laporan arus kas diperlukan untuk menilai sejauh mana perusahaan mampu menghasilkan pendapatan yang berbentuk kas. Sementara itu diperlukannya laporan laba dan arus kas tahun-tahun sebelumnya adalah untuk menilai tren perusahaan selama beberapa tahun terakhir, untuk diperkirakan tren perusahaan pada tahun kedepannya sehingga para calon investor dapat menentukan cocok atau tidaknya perusahaan tersebut sebagai tempat berinvestasi. Industri manufaktur merupakan salah satu sektor yang terpukul oleh krisis finansial global yang terjadi pada tahun 2008. Ada beberapa hal yang menyebabkan industri manufaktur mengalami kesulitan dalam menghadapi krisis global yaitu, pasar yang menyusut, biaya produksi yang tinggi, dan kesulitan likuiditas. Penelitian ini bermaksud untuk menguji apakah ada pengaruh laba dan arus kas terhadap arus kas masa depan pada saat perusahaan melaporkan laba positif dan laba negatif. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2007-2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan menjelaskan hubungan kausalitas dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Untuk mengelola dan menganalisa data, peneliti melakukan perhitungan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji t untuk menguji secara parsial dan uji F untuk menguji secara simultan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7898
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 106.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 111.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 181.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 194.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 535.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 394.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 530.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 159.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record