ANALISIS FAKTOR-FAKTOR AUDIT YANG MEMPENGARUHI KINERJA APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Studi kasus pada Inspektorat Kota Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR AUDIT YANG MEMPENGARUHI KINERJA APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Studi kasus pada Inspektorat Kota Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR AUDIT YANG MEMPENGARUHI KINERJA APARATUR DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANDUNG (Studi kasus pada Inspektorat Kota Bandung)
Author: Dora, Rio Indra
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Integritas dan Kompetensi sebagai faktor-faktor audit terhadap kinerja aparatur di lingkungan pemerintah Kota Bandung. Dalam penelitian ini, peneliti mengkaji kinerja aparatur pada Inspektorat Kota Bandung dengan menggunakan variabel bebas. Yaitu Integritas dan Kompetensi auditor internal sebagai faktor-faktor audit. Penelitian ini dilakukan pada Inspektorat Kota Bandung yang berlokasi di Jl. Tera No.20 Bandung-Jawa Barat. Kinerja pada dasarnya merupakan penentuan secara periodik efektivitas operasional suatu organisasi dan personilnya berdasarkan sasaran, standar, dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Integritas dan Kompetensi merupakan sikap auditor internal dalam melaksanakan audit kinerja yang mempengaruhi aparatur agar dalam melakukan pekerjaannya dapat dengan maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan metode explanatory, sedangkan tekhnik penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 40 responden yang berkaitan dengan topik yang diteliti pada Inspektorat kota Bandung. Kemudian data yang diperoleh dari kuesioner diolah dengan rumus regresi untuk mengetahui apakah Integritas dan Kompetensi sebagai faktor-faktor audit mempengaruhi kinerja aparatur di lingkungan pemerintah Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara faktor-faktor audit dengan kinerja aparatur. Hasil koefisien determinasi simultan sebesar 71,3% dan hasil koefisien determinasi parsial menunjukkan Integritas auditor internal sebesar 26,4% dan Kompetensi auditor internal sebesar 44,9%, menunjukkan bahwa faktor-faktor audit berpengaruh terhadap kinerja aparatur. Secara simultan Integritas dan Kompetensi sebagai faktor-faktor audit berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Secara parsial Kompetensi auditor internal memberikan pengaruh paling tinggi dibandingkan Integritas auditor internal terhadap kinerja aparatur. Inspektorat Kota Bandung diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat mengenai fungsi Aparatur Inspektorat melalui Integritas dan Kompetensi yang sangat baik untuk tindak lanjut dalam melakukan pengawasan di lingkungan pemerintah Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7897
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 90.61Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 108.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 106.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 231.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 187.6Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 242.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 300.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 416.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 649.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 179.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record