PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, JUMLAH INDUSTRI, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (Penelitian pada Pemerintahan Kota Bandung Tahun 2002-2011)

Widyatama Repository

PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, JUMLAH INDUSTRI, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (Penelitian pada Pemerintahan Kota Bandung Tahun 2002-2011)

Show full item record

Title: PENGARUH JUMLAH PENDUDUK, JUMLAH INDUSTRI, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH (Penelitian pada Pemerintahan Kota Bandung Tahun 2002-2011)
Author: Jenas, Alvioretta
Abstract: Pajak Reklame merupakan salah satu jenis sumber penerimaan pajak daerah yang penting bagi Kota Bandung. Hal ini terbukti selama tahun anggaran 2002-2011 penerimaan pajak reklame mengalami peningkatan. Namun dalam perkembangannya selama tahun 2002-2011 persentase penerimaan pajak reklame berfluktuasi. Penerimaan pajak reklame yang berfluktuasi ini akan menyulitkan dalam perencanaan penerimaan pajak daerah. Penerimaan pajak reklame tertinggi terjadi pada tahun anggaran 2009 sebesar 11,78 persen. Penerimaan terkecil terjadi pada tahun anggaran 2011 sebesar 2,30 persen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh jumlah penduduk dan jumlah industri terhadap Produk Domestik Regional Bruto perkapita serta pengaruh jumlah penduduk, jumlah industri, dan Produk Domestik Regional Bruto perkapita terhadap penerimaan pajak reklame di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, dimana pengaruh parsial diuji dengan menggunakan uji t dan pengaruh simultan diuji dengan menggunakan uji F dengan program Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 20. Penelitian secara parsial membuktikan bahwa jumlah penduduk memiliki pengaruh signifikan terhadap PDRB perkapita, namun jumlah industri menunjukkan pengaruh tidak signifikan terhadap PDRB perkapita. Keduanya memiliki hubungan positif terhadap PDRB perkapita. Secara simultan, jumlah penduduk dan jumlah industri memiliki pengaruh signifikan terhadap PDRB perkapita. Hasil penelitian secara parsial juga membuktikan bahwa jumlah penduduk, jumlah industri dan PDRB perkapita memiliki pengaruh signifikan terhadap pajak reklame Kota Bandung. Jumlah penduduk dan jumlah industri memiliki hubungan negatif terhadap pajak reklame, sedangkan PDRB perkapita memiliki hubungan positif. Secara simultan, jumlah penduduk, jumlah industri dan PDRB perkapita memiliki pengaruh signifikan terhadap pajak reklame Kota Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7889
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 17.71Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 121.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 159.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 126.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 113.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 297.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 393.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 317.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 545.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 149.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record