PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung )
Author: Puspita, Feni
Abstract: Kinerja Pemerintah Kota Bandung yang menurun dari tahun ke tahun dilihat dari bertambahnya kegagalan capaian target kinerja. Perencanaan dalam menetapkan target-target capaian kinerja harus ditindaklanjuti dan dievaluasi. Kinerja yang akan dicapai sebaiknya dituangkan dalam indikator kinerja yang dijadikan acuan untuk menyusun anggaran berbasis kinerja. Anggaran berbasis kinerja merupakan estimasi penerimaan dan pengeluaran dana yang dimulai dengan perumusan program yang hendak dicapai. Penerapan anggaran berbasis kinerja diharapkan program yang hendak dicapai dapat terealisasi dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap efektivitas pengendalian keuangan pemerintah daerah. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dimana populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu semua pegawai pada Bidang Anggaran di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daearah (DPKAD) Kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan penganalisaan data pada penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik yaitu regresi linier sederhana. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan variabel X yaitu anggaran berbasis kinerja dan variabel Y yaitu Efektivitas Pengendalian Keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh anggaran berbasis kinerja terhadap efektivitas pengendalian keuangan pemerintah daerah di DPKAD adalah sebesar 41,5 % sedangkan sisanya 100%-41,5% = 58,5% merupakan variabel lain yang tidak diteliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7886
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 103.1Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 168.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 179.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 197.7Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 129.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.0Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 101.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 266.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 421.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 477.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 488.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 120.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 103.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record