PENGARUH SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SiLPA) DAN LUAS WILAYAH TERHADAP BELANJA MODAL (Padakabupaten/kota di ProvinsiJawa Baratperiode 2008-2012)

Widyatama Repository

PENGARUH SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SiLPA) DAN LUAS WILAYAH TERHADAP BELANJA MODAL (Padakabupaten/kota di ProvinsiJawa Baratperiode 2008-2012)

Show full item record

Title: PENGARUH SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SiLPA) DAN LUAS WILAYAH TERHADAP BELANJA MODAL (Padakabupaten/kota di ProvinsiJawa Baratperiode 2008-2012)
Author: Destyana, Salsa
Abstract: Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) sebagian besar disumbangkan ke Belanja Langsung berupa Belanja Modal yang secara langsung menyentuh kebutuhan masyarakat. Jumlah Belanja Langsung berupa pembangunan infrastruktur, pengadaan aset, dan sebagainya yang mana di dalamnya juga terdapat Belanja Modal ternyata masih lebih kecil bila dibandingkan dengan jumlah Belanja Tidak Langsung, sehingga timbul banyak permasalahan misalnya tentang penggunaan dana SiLPA untuk belanja modal tahun sebelumnya yang belum terealisasi. Pengalokasian belanja modal salah satunya digunakan untuk pembangunan infrastruktur suatu daerah. Luas wilayah dijadikan suatu indikator untuk mengetahui apakah besaran belanja modal yang dialokasikan untuk suatu daerah dipengaruhi oleh luas wilayah daerah itu sendiri. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh sisa lebih perhitungan anggaran dan luas wilayah terhadap belanja modal pada kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif eksplanatory. Analisis statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, dimana pengujian secara parsial dan simultan menggunakan program Statistical Package for the Social Science (SPSS) version 21. Sampel yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari 26 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat. Sisa lebih perhitungan anggaran dan luas wilayah sebagai variabel dependen sedangkan belanja modal sebagai variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisa lebih perhitungan anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja modal, sedangkan luas wilayah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap belanja modal. Sisa lebih perhitungan anggaran memang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap belanja modal, karena sisa lebih perhitungan anggaran biasanya digunakan untuk menutupi defisit tahun anggaran berjalan dan mendanai kegiatan belanja langsung (belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja modal). Secara simultan didapatkan hasil bahwa sisa lebih perhitungan anggaran dan luas wilayah berpengaruh signifikan terhadap belanja modal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7877
Date: 2014


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 77.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 374.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 117.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 110.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 92.20Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 82.78Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 80.14Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 94.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 169.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 189.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 524.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 103.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record