PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada PT. Pikiran Rakyat)

Widyatama Repository

PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada PT. Pikiran Rakyat)

Show full item record

Title: PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Kasus pada PT. Pikiran Rakyat)
Author: Salatin, Fadel
Abstract: Kinerja manajerial pada suatu perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu partisipasi penyusunan anggaran. Kinerja manajerial akan semakin baik jika manajer berpartisipasi dalam proses penyusunan anggaran perusahaan dan memiliki komitmen organisasi yang tinggi. Pada kenyataanya terdapat berbagai permasalahan atau fenomena terkait kinerja pada BUMN dan sektor publik. Salah satu fenomena yg terjadi menurut Dahlan Iskan (2011) terdapat beberapa BUMN yang berkinerja buruk. Hal ini diakibatkan dari buruknya manajemen, terlihat dari penyelesaian proyek yang tidak sesuai dengan target waktu dan biaya yang telah dianggarkan walaupun proses partisipasi penyusunan anggaran telah dilaksanakan pada saat pembuatan RKAP. Partisipasi penyusunan anggaran adalah anggaran yang disiapkan dengan kerjasama serta partisipasi penuh dari manajer pada semua tingkatan (Garrison, 2006:408). Kinerja manajerial yaitu kinerja para individu anggota organisasi atau manajer dalam kegiatan manajerial (Mahoney, 1963 dalam Inuk Wahyuni). Komitmen organisasai adalah dorongan dari dalam individu untuk berbuat sesuatu untuk menunjang keberhasilan organisasi (Coryanata, 2004:619 dalam Kadek Juli, 2010). Metode penelitian yang digunakan yaitu asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih (Sugiyono, 2004:11) dengan pendekatan studi kasus meliputi analisis mendalam dan kontekstual terhadap situasi yang mirip dalam organisasi lain (Sekaran, 2006:46). Penelitian ini dilakukan pada 7 divisi pada PT. Pikiran Rakyat dengan sampel berjumlah 36 orang manajer level menengah dan bawah yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dan komitmen organisasi memperkuat hubungan antara partisipasi penyusunan terhadap kinerja manajerial PT. Pikiran Rakyat. Adapun saran bagi perusahaan yaitu untuk meningkatkan kinerja manajerial maka partisipasi penyusunan anggaran harus ditingkatkan dengan cara melibatkan manajer lebih jauh dalam proses penyusunan anggaran dan meningkatkan komitmen organisasi agar membuat manajer termotivasi untuk berprestasi sehingga para manajer berinisiatif untuk berpartisipasi dalam proses penyusunan anggaran.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7873
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.88Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.30Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 188.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 248.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 394.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 432.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 634.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 112.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 130.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record