PERAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PERTANGGUNGJAWABAN PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kabupaten Subang)

Widyatama Repository

PERAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PERTANGGUNGJAWABAN PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kabupaten Subang)

Show full item record

Title: PERAN AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PERTANGGUNGJAWABAN PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kabupaten Subang)
Author: Fajriani, Vina Mentari
Abstract: Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jabar masih menemukan banyak masalah dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2011 di delapan kota/kabupaten di Jabar. Salah satunya pada Kabupaten Subang. Dimana Salah satu masalah yang ditemukan adalah pengelolaan dan pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah yang belum sesuai ketentuan. Belanja yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah, belum dipertanggungjawabkan oleh sekolah-sekolah. Juga seluruh aset tetap dari realisasi belanja Bantuan Operasional Sekolah belum semuanya dicatat dan dilaporkan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah 2011. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran dari Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pertanggungjawaban Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Ditinjau dari tujuannya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif analisis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik survey dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 orang pegawai Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Subang dengan kemudian dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda pada data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa akuntabilitas dan transparansi secara parsial dan simultan memberikan peran terhadap pertanggungjawaban pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7850
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 19.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.83Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 194.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 703.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 903.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 586.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 177.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record