PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP VIABILITAS ORGANISASI : KAPABILITAS DINAMIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Industri Kreatif Sub Sektor Layanan Komputer Dan Piranti Lunak di Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP VIABILITAS ORGANISASI : KAPABILITAS DINAMIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Industri Kreatif Sub Sektor Layanan Komputer Dan Piranti Lunak di Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP VIABILITAS ORGANISASI : KAPABILITAS DINAMIS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Industri Kreatif Sub Sektor Layanan Komputer Dan Piranti Lunak di Kota Bandung)
Author: Munawar, Fansuri
Abstract: Industri kreatif yang mulai berkembang saat ini dihadapkan pada persaingan yang tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Selain dari persaingan, data memperlihatkan bahwa pertumbuhan usaha ini semakin menurun setiap tahunnya yang akan menimbulkan permasalahan bagi industri kreatif yang akan mengakibatkan kesulitan dalam bertahan hidup. Fakta menunjukkan bahwa kematian industri kreatif khususnya pada tiga tahun pertama relatif tinggi. Masalah ini harus segera diantisipasi agar viabilitas organisasi tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama. Peneliti menduga bahwa modal intelektual melalui kapabilitas dinamis dapat mempertahankan viabilitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk a) Meneliti hubungan antara modal intelektual terhadap kapabilitas dinamis, b) Meneliti hubungan antara modal intelektual dan kapabilitas dinamis terhadap viabilitas organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory survey dengan pendekatan cross-sectional. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 73 unit analisis dengan teknik penarikan sampel adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis (analisis path), sedangkan unit analisis adalah industri kreatif sub sektor layanan komputer dan piranti lunak di Kota Bandung. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Modal intelektual berpengaruh positif terhadap kapabilitas dinamis namun kekuatan pengaruh sangat rendah, 2)Modal intelektual dan kapabilitas dinamis berpengaruh signifikan terhadap viabilitas organisasi dan kekuatan pengaruh tersebut termasuk kategori sangat kuat, 3) Modal intelektual pengaruhnya lebih tinggi terhadap viabiltias organisasi dibandingkan dengan kapabilitas dinamis, 4) Modal intelektual berpengaruh secara langsung terhadap viabitas organisai dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap viabilitas organisasi melalui kapabilitas dinamis.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7849
Date: 2015-03-19


Files in this item

Files Size Format View
COVER DEPAN.pdf 328.2Kb PDF View/Open
KATA SAMBUTAN.pdf 977.0Kb PDF View/Open
HALAMAN REDAKSI.pdf 512.9Kb PDF View/Open
HALAMAN TEMA.pdf 297.3Kb PDF View/Open
JADWAL ACARA.pdf 666.8Kb PDF View/Open
REVIEWER.pdf 408.5Kb PDF View/Open
DAFTAR ISI.pdf 1018.Kb PDF View/Open
B-012 - Fansuri ... VIABILITAS ORGANISASI.pdf 475.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record